31 C
Kudus
Selasa, Januari 26, 2021
Beranda Business Punya Nilai Ekonomi...

Punya Nilai Ekonomi Tinggi, Budi Daya Ikan Guppy Diklaim Sangat Menguntungkan

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa styrofoam dan kotak kaca tampak tersusun di sebuah ruangan bagian belakang rumah di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Di dalam seterofom dan kotak kaca berisi air itu terlihat puluhan bahkan ratusan ikan kecil dengan warna yang memikat. Ikan – ikan tersebut yakni ikan guppy yang peluang bisnisnya diklaim sangat menguntungkan.

Sugeng Riyadi satu di antara peternak ikan guppy di Kudus mengatakan, usaha budi daya ikan guppy itu sangat menguntungkan. Perawatan ikan guppy bisa dianggap relatif mudah. Lebih simpel dan praktis. Satu wadah bisa untuk beberapa ekor. Hal itu tentu berbeda dengan ikan cupang yang setiap satu ekor butuh satu wadah. Menurutnya, budi daya ikan guppy itu harus telaten setiap hari pengecekan, kalau ada yang sakit segera diatasi.

Beberapa koleksi ikan guppy milik Sugeng Riyadi. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

“Lha ini fungsi pengecekan, agar kalau ada yang sakit bisa ketahuan dan cepat diatasi. Sebab kalau satu wadah ada yang sakit dan tidak cepat diatasi, semua ikan dalam wadah tersebut bisa ketularan dan ikut sakit semua,” ujar pria yang akrab disapa Gankzoe’s kepada Betanews.id, Rabu (18/11/2020).

Pria yang menanti kelahiran anak keduanya itu menuturkan, untuk pakan ikan guppy juga lumayan irit. Sama dengan ikan cupang yang punya bentuk badan kecil, jadi sangat irit pakan. Pakannya bisa artemia, pelet mem, otohime, atau pakai cacing sutra dan kutu air. Khusus untuk pemberian pakan hidup yakni cacing sutra dan kutu air agar peternak waspada.

“Cacing sutra memang bisa mempercepat pertumbuhan ikan guppy. Tapi kalau tidak benar – benar bersih cacing sutra itu bisa mengakibatkan penyakit bagi ikan guppy,” jelas pemilik dari Gankzoe’s Guppy Farm tersebut.

Dia mengatakan, pangsa pasar ikan guppy juga sangat luas. Tidak hanya dalam negeri tapi ikan guppy juga diminati hingga keluar negeri. Hal itu ia buktikan sendiri sudah puluhan kali mengirim ikan guppy ke berbagai negara. Menurutnya, nilai ekonomi ikan guppy juga sangat tinggi, bisa ratusan hingga jutaan rupiah per ekor.

“Apalagi kalau punya ikan guppy strain langka, harga itu yang menentukan sang pemilik. Bisa mahal, istilahnya harga itu terserah sang pemilik. Pokoknya tinggal sebut nominal,” kelakarnya.

Baca juga : Daun Ketapang Jadi Kunci Sukses Bisnis Ikan Cupang, Ternyata Kaya Manfaat

Di Gankzoe’s Guppy Farm tuturnya, saat ini ada ikan guppy strain langka yakni Phoenix Swallow Ribbon. Menurutnya strain tersebut hasil pengembangan para komunitas guppy di Kudus. Strain tersebut masih jarang sehingga harganya lumayan mahal. Untuk pasar dalam negeri harganya Rp 750 ribu dan tak bisa ditawar.

“Kalau untuk pasar luar negeri guppy strain Phoenix Swallow Ribbon kami jual 75 Dollar. Kalau dirupiahkan ya sekitar Rp 1 jutaan,” ujarnya.

Dia mengatakan, ikan guppy disukai karena keindahan ekor dan dorsal sirip atas serta jenisnya itu banyak sekali. Semakin formnya bagus sesuai kriteria kontes dan keunikan pasti harganya mahal. “Semakin unik dan langka ikan guppy akan semakin mahal,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler