31 C
Kudus
Selasa, Januari 26, 2021
Beranda Business Awalnya Hanya Hobi...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS – Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus tampak rak bersusun berisi kotak kaca. Di antara rak tersebut terlihat seorang pria memeriksa ratusan ikan kecil berwarna indah yang berenang di dalam kotak kaca itu. Pria tersebut yakni Sugeng Riyadi pemilik dari Gankzoe’s Guppy Farm.

Selesai memeriksa ikan, pria yang akrab disapa Gankzoe’s itu sudi berbagi kisah tentang budi daya ikan guppy. Dia mengatakan, mulai budi daya ikan guppy sejak enam tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2014. Menurutnya, awal budi daya ikan guppy itu karena hobi. Sebab sebelumnya, ia gemar main game dan sering main bareng di luar sama teman – temannya.

Sugeng Riyadi sedang menujukkan beberapa koleksi ikan guppy yang dibudidayakan. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : 400 Ikan Cupang Beradu Kecantikan di Aneka Jaya Swalayan

“Hingga seiring waktu istri saya hamil. Istri saya pun komplain agar saya jangan main di luar rumah. Saya diminta untuk cari hobi atau kesibukan yang di rumah saja,” ujar Gankzoe’s kepada Betanews.id, Rabu (18/11/2020).

Pria yang juga berprofesi sebagai guru itu menuturkan, saat itu sebenarnya lagi booming burung. Tapi ia mengaku tidak suka dengan burung. Hingga dia kemudian main ke toko ikan hias. Dari situ ia tertarik dengan ikan guppy. Ia pun membelinya dengan harga Rp 1 ribu per ekornya. Saat itu kata dia, membeli sebanyak 300 ekor.

Lebih lanjut tuturnya, 300 ekor ikan guppy itu dipelihara di akuarium. Namun karena kebanyakan ikan dan akuariumnya sempit, sehingga 300 ikan guppy miliknya mati Semua. Dia mengaku, karena ikan guppynya mati ia malah jadi penasaran. Sehingga ia cari refrensi perawatan guppy di Facebook dan memahami tentang jenis ikan bernama latin poecilia reticulata tersebut.

“Saya kemudian beli ikan guppy lagi dengan harga lebih mahal. Saat itu saya beli ikan guppy jenis albino red reborn dengan harga Rp 500 ribu sepasang. Saya beli secara daring dari Jakarta. Namun karena tidak paham perlakuannya, ikan guppy yang saya beli itu stres dan akhirnya mati juga,” bebernya.

Tapi, tambahnya, ia tetap penasaran dan membeli beberapa pasang ikan guppy lagi. Namun, di sela itu ia mencari para pecinta ikan guppy lainnya di Kudus yang kemudian tergabung dalam komunitas Kudus Guppy Lover (KGL). Dengan tujuan untuk saling tukar pengalaman dan belajar merawat ikan guppy, mengobati ikan saat sakit, serta menjaga strain ikan guppy tetap alami.

“Dari komunitas itu, saya kemudian tahu, bahwa ada ikan guppy milik orang Kudus yang laku terjual hingga ke luar negeri. Namun, sayangnya yang jual itu orang Jakarta. Ikan guppy orang Kudus dibeli orang Jakarta dan kemudian dipasarkan di luar negeri dan laku,” jelasnya.

Dia mengatakan, setelah mendengar kabar tersebut, ia pun makin termotivasi budi daya ikan guppy untuk dipasarkan ke luar negeri. Dia memasarkan aneka ikan guppy melalui media sosial. Hingga pada tahun 2016, ikan guppy Strain Red Dragon miliknya dibeli orang Puerto Rico. Saat itu harganya masih $ 100 untuk trio, yakni satu jantan dan dua betina.

Baca juga : Untung Gede dari Budi Daya Ikan Koi, Sebulan Rozikan Bisa Jual 10 Ribu Bibit

“Ternyata kendala teman peternak ikan guppy di Kudus dalam pemasaran ke luar negeri itu adalah bahasa dan transhipper. Kebetulan saya adalah guru bahasa inggris jadi bisa bantu, dan sekarang juga sudah ketemu sama transhippernya,” ungkapnya.

Dia menuturkan, selama ini sudah menjual ikan guppy ke beberapa negara. Di antaranya, Thailand, Philipina, Vietnam, Jerman, Inggris, Puerto Rico, Amerika dan negara lainnya. Selain ke luar negeri, ia mengaku sudah menjual aneka jenis ikan guppy ke seluruh Nusantara, selain Bali dan Papua.

“Saya berharap ikan guppy Kudus dan Indonesia pada umumnya bisa jadi tren setter. Serta Indonesia itu jadi perpustakaan ikan guppy di dunia,” harap Gankzoe’s.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler