31 C
Kudus
Kamis, April 18, 2024

400 Ikan Cupang Beradu Kecantikan di Aneka Jaya Swalayan

BETANEWS.ID, JEPARA – Lantai dua Aneka Jaya Swalayan yang berada di Jalan Raya Kudus-Jepara, Desa Tunggul Pandean, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara tampak ramai, Minggu 1/11/2020). Mereka terlihat duduk di depan outlet makanan dan minuman dengan puluhan toples berisi ikan cupang. Beberapa di antara mereka juga tampak menjajar puluhan toples berisi ikan cupangnya di lantai swalayan. Acara tersebut yakni kontes ikan cupang yang diselenggarakan oleh Aneka Jaya Swalayan.

Store Manager Aneka Jaya Swalayan Wahyu Widyatmoko (40) menuturkan, kontes ikan cupang untuk memeriahkan hari Sumpah Pemuda ini juga merupakan upaya pihaknya untuk mewadahi para pecinta cupang di Jawa Tengah. Sebab selama pandemi, banyak mayarakat mulai bergelut dengan hobi mereka, yang salah satunya adalah memelihara hewan bernama latin betta itu.

Seorang juri sedang menilai ikan cupang yang ikut lomba di Aneka Jaya Swalayan. Foto: Rabu Sipan.

“Ikan cupang itu kan selain bisa menghilangkan kejenuhan selama pandemi, bisa juga menghasilkan uang. Oleh sebab itu, Aneka Jaya Swalayan Nalumsari, Jepara mengadakan perlombaan kontes ikan cupang. Tujuanya adalah memotivasi anak muda dan masyarakat semua untuk menyalurkan hobi yang positif dan bisa menghasilkan,” ujar pria yang akrab disapa Wahyu itu.

Baca juga: Aris Buka Rahasia Agar Ikan Cupang Menang Kontes

Warga Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu menambahkan, kontes ini juga sebagai media promosi Aneka Jaya Swalayan, untuk menggeliatkan penjualan outlet-outlet makanan dan minuman yang berada di lantai dua.

“Ini pesertanya kan banyak, belum nanti pengunjungnya. Pasti mereka butuh makan dan minum. Otomatis mereka akan membeli dari outlet-outlet yang tersedia,” katanya.

Pria yang sudah bekerja di Aneka Jaya Swalayan selama satu setengah tahun itu mengungkapkan, ajang yang baru pertama kali diadakan ini cukup menarik minat para penghobi cupang. Ini terbukti dari adanya 400 ikan yang ikut adu cantik.

Lebih lanjut, tuturnya, perlombaan ikan cupang ke depannya akan dilombakan secara rutin dua pekan sekali di seluruh cabang Aneka Jaya Swalayan di Jawa Tengah secara bergantian. Nanti, kata dia, pemenang perlombaan di setiap cabang puncaknya akan dilombakan lagi di Aneka Jaya Swalayan Tunggul Pandean, Nalumsari, Jepara.

Baca juga: Daun Ketapang Jadi Kunci Sukses Bisnis Ikan Cupang, Ternyata Kaya Manfaat

“Aneka Jaya Swalayan komitmen untuk menyelenggarakan perlombaan yang berkaitan dengan komunitas. Saat ini komunitas cupang, pekan depan rencana perlombaan Mobile Legend,” ungkapnya.

Bayu Kurniawan selaku event organizer (EO) perlombaan cupang menambahkan, kontes ikan cupang ini ada dua kategori, yakni kelas pemula dan umum. Menurutnya, ada sekitar 24 jenis ikan cupang yang akan dilombakan, di antaranya, jenis plakat, multicolor, koi, avatar, giant, dan lain sebagainya.

Sedangkan, penilainnya meliputi bentuk badan, kepala, dorsal, ekor, anal, dasi, kerapian, show, serta proporsi. Dalam penilaian masing-masing bagian tersebut tidak boleh ada cacat. Kalau ada otomatis langsung dicoret dan kalah.

“Pemenang dalam lomba ini, selain dapat piala juga akan mendapat uang pembinaan. Serta berhak ikut lomba di acara pamungkas. Bertanding melawan para juara kontes cupang dari cabang Aneka Jaya Swalayan yang lainnya,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER