31 C
Kudus
Kamis, November 26, 2020
Beranda Business Untung Gede dari...

Untung Gede dari Budi Daya Ikan Koi, Sebulan Rozikan Bisa Jual 10 Ribu Bibit

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara gemericik air terdengar jelas dari ruang tengah rumah berkubah putih yang berada di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Bunyi itu berasal dari kolam beton berisi belasan ikan aneka warna sedang menyantap makanan yang ditabur. Ikan tersebut yakni ikan koi atau disebut juga ikan keberuntungan yang dibudidayakan Ahmad Rozikan (43).

Dibanding jenis ikan lain, Rozikan mengatakan, ikan koi memang punya nilai ekonomi lumayan tinggi. Peminat ikan dengan ciri warna yang sangat eksotis itu tak pernah sepi. Warna dan corak kulit ikan yang dianggap sebuah keberuntungan, menjadikan ikan koi laris manis di pasaran.

Ahmad Rozikan sedang memberi makan ikan koi di rumahnya. Foto: Rabu Sipan.

“Ikan koi itu punya nilai ekonomi tinggi. Anak ikan koi umur sebulan itu sudah laku dijual. Bahkan saat umur dua pekan, puluhan ribu anakan ikan koi saya itu sudah dipesan orang,” ujar pria yang akrab disapa Rozikan kepada Betanews.id, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Meraup Untung dari Budi Daya Cupang, Omzet Jutaan Rupiah Sehari

Pria yang sudah dikaruniai tiga anak itu mengatakan, keuntungan lain dari ternak ikan koi itu yakni perawatannya mudah. Sekali bertelur dan menetas bisa sampai 100 ribu. Dengan jumlah tersebut biasanya angka kematian hanya 20 persen saja. Jadi masih ada 80 ribu ekor ikan koi yang bisa dijual.

“Saya itu fokus di budi daya bibit ikan koi. Sebab menurutku lebih mudah. Perawatan waktunya singkat, umur sebulan sudah laku dijual. Pangsa pasarnya juga terbuka lebar. Cuma memang harus telaten,” ungkap pria yang mengenakan kaus oblong hitam itu.

Dia mengatakan, untuk pakan ikan koi juga dibilang lumayan irit. Apalagi jika ternak bibit ikan koi, sebab burayak ikan koi sampai umur satu bulan tidak terlalu banyak makan. Pemberian pakan sehari dua kali, pagi dan sore. Namun memang pakan yang diberikan setiap memasuki umur tertentu memang berbeda.

Saat larva ikan koi menetas tuturnya, larva itu sebaiknya segera dilakukan pemijahan dari sang induk. Larva tersebut sampai umur tiga hari tidak perlu diberi makan, karena sudah terdapat cadangan makanan di tubuhnya. Usai tiga hari, dia mengaku memberi makan larva ikan koi itu telur mentah sampai berumur dua pekan.

“Setelah dua pekan burayak ikan koi saya pindah ke kolam lainnya. Pakannya juga berbeda, burayak ikan koi umur dua pekan sudah bisa dikasih makan cacing sutra,” bebernya.

Baca juga: Daun Ketapang Jadi Kunci Sukses Bisnis Ikan Cupang, Ternyata Kaya Manfaat

Menurutnya, pemberian cacing sutra itu sampai ikan koi umur satu bulan. Setelah itu ikan koi sudah bisa dikasih makan pur atau pelet. Setelah bisa makan pelet itulah, dia berani melepas anak ikan koi itu ke pelanggannya.

“Untuk pemberian pakan harus dikira-dikira jangan terlalu banyak. Agar sisa pakan tidak jadi amoniak atau racun untuk kesehatan ikan koi. Satu lagi yang penting, listrik jangan sampai padam dalam waktu lama. Sebab ikan koi sangat butuh oksigen. Kalau listrik padam dan aerator tidak jalan, sudah dipastikan akan ada banyak bibit ikan koi yang mati,” tutupnya.

Menurutnya, sampai saat ini pelanggannya masih kepada pembudidaya pembesaran ikan koi di Kudus saja. Dalam sebulan, ia mengaku bisa menjual 10 ribu ekor anakan koi.

“Semoga ekonomi segera stabil, sehingga daya beli masyarakat terhadap ikan koi juga makin meningkat,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Pesona Pasir Putih Pantai Blebak Jepara yang Begitu Memikat

BETANEWS.ID, JEPARA – Semilir angin dari barisan pohon pinus menemani beberapa anak kecil bermain air di Pantai Blebak, Rabu (28/10/2020). Di bawah...

Perabotan Berbahan Kaca dan Alumunium di Tri Jaya Glass Ada Garansi 1 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Undaan Lor, Gang 5, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tampak beberapa orang sedang beraktivitas di...

Jembatan di Desa Kayen Pati Ambruk Diterjang Banjir

BETANEWS.ID, PATI - Siang itu, Selasa (24/11/2020) di Dukuh Carikan, RT 4 RW 3, Desa/Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati terlihat banyak warga yang...

Masa Depannya Buram Saat Kerja di Pabrik, Wahyu Kini Sukses Jualan Ban Motor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di dalam sebuah bangunan yang berada di tepi Jalan Cipto Kusumo, Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak...

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...