31 C
Kudus
Minggu, November 29, 2020
Beranda Wisata Pantai Kertomulyo, Wisata...

Pantai Kertomulyo, Wisata Edukasi Pelestarian Mangrove di Pati Utara

BETANEWS.ID, PATI – Semilir angin sejuk berhembus dari pepohonan mangrove yang berada di Pantai Kertomulyo, Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. Beberapa orang tampak sedang berswafoto di spot-spot foto yang disediakan pengelola wisata. Dan, di dekat pintu masuk terlihat beberapa petugas mengatur kendaraan yang masuk dan keluar area wisata hutan Mangrove tersebut. Salah satunya adalah Adi Sucipto (47), Ketua Pokdarwis Tresno Segoro.

Kepada betanews.id ia bercerita, jika penanaman mangrove di Pantai Kertomulyo sebenarnya sudah dilakukan sejak 2009 lalu, namun perkembangannya belum maksimal. Beberapa kali pula mengalami kegagalan karena diterjang ombak.

Salah satu sudut lokasi wisata Pantai Kertomulyo di Pati. Foto: Khalim Mahfur

Baca juga : Terhipnotis Eksotisnya Pantai Glagah Wangi Istambul dengan Hutan Mangrovenya

Dalam penanaman mangrove tersebut, pihak desa setempat, katanya juga mendapatkan bantuan dari beberapa pihak, di antaranya adalah Organization for Industry, Spiritual, Culture and Advancement (OISCA) dari Jepang.

“Hingga tahun 2014 tanaman mangrove ini dikelola oleh kelompok tani desa. Namun, memang belum maksimal dan masih tertinggal cukup jauh dari daerah lain yang memiliki kawasan mangrove,” ujarnya, Sabtu (24/10/2020).

Kemudian, Karang Taruna Desa Kertomulyo berinisiatif mendirikan komunitas Peduli Pantai Utara Pati (PPUP), yang bertujuan untuk merawat tanaman mangrove.

Dalam perjalanan waktu, keberadaan jembatan yang berada di tengah-tengah tanaman mangrove mulai ramai digunakan untuk tempat foto. Hal itu, membuat karang taruna tergerak untuk menjadikan Pantai Kertomulyo sebagai tempat wisata.

“Semenjak tahun 2016 Pantai Kertomulyo dibuka untuk wisatawan. Tujuan utamanya adalah, untuk mengedukasi kepada pengunjung, agar mereka mengerti betapa pentingnya merawat tanaman mangrove,” ungkap Adi.

Pengelola mematok tiket masuk berupa uang parkir sebesar Rp 3 ribu. Uang yang terkumpul, kemudian digunakan untuk membantu merawat tanaman mangrove dan sebagiannya lagi digunakan untuk mengembangkan wisata.

Adi berharap Pantai Kertomulyo bisa menjadi salah satu objek wisata yang bisa mengangkat Kabupaten Pati. Selain menjadi tempat untuk refreshing, melainkan juga tempat edukasi tentang pentingnya mangrove.

Baca juga : Menikmati Senja di Pantai Pailus, Pesona Keindahan Pesisir Jepara yang Manjakan Mata

Ia menambahkan, saat ini objek wisata Pantai Mangrove sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pengunjung. Spot-spot foto yang kekinian juga disediakan untuk berswafoto.

“Di sinia ada spot foto yang instagramable, jadi cocok untuk remaja seperti kami. Saya sudah empat kali ke sini, dan di sini udaranya sangat sejuk. Harga tiketnya juga murah,” sebut salah satu pengunjung, Diah bersama temannya Ika.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...

Milad Muhammadiyah, Hartopo : ‘Teruslah Konsisten Memberi Solusi untuk Negeri’

BETANEWS.ID, KUDUS - Plt Bupati Kudus HM Hartopo menghadiri Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Sabtu (21/11/2020). Dalam...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Mie Ayam Goreng Buah Naga, Kuliner Enak yang Murah dan Menyehatkan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di sebuah kedai yang berada di komplek kuliner JJS depan Universitas Muria Kudus tampak sepasang suami istri sedang sibuk....

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

IAIN Salatiga Ciptakan Aplikasi Belajar Daring yang Diklaim Ungguli Google Clasroom

BETANEWS.ID, SALATIGA – Seorang pria terlihat sedang sibuk mengoperasikan komputer di sebuah ruang Gedung Rektorat IAIN Salatiga, Senin (12/10/2020). Tangannya tampak cekatan...

Angkat Kearifan Lokal Desa Tawangrejo Melalui Ragam Motif Batik Tawung Sari

BETANEWS.ID, PATI - Di sebuah rumah yang berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati terlihat beberapa orang sedang membuat kain batik....