31 C
Kudus
Minggu, November 29, 2020
Beranda Ekonomi Ekspor Naik Hingga...

Ekspor Naik Hingga 50 Persen, Briket Batok Kelapa Jateng Jadi Primadona Saat Pandemi

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pandemi tidak membuat industri ekspor briket batok arang Jawa Tengah terdampak. Justru selama pandemi, pengusaha briket arang batok kelapa Jateng kebanjiran pesanan dari pasar internasional.

Hal itu disampaikan sejumlah pengusaha briket arang batok kelapa Jateng saat bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (12/11/2020). Kepada Ganjar, para pengusaha yang didampingi mantan Duta Besar Indonesia untuk Libya, Raudin Anwar itu menyampaikan bahwa kenaikan ekspor briket batok arang Jateng berkisar antara 10-50 persen.

Salah satu pengusaha briket arang batok kelapa asal Kendal, Istikanah menyampaikan, dalam bisnis yang ia tekuni sejak 10 tahun silam itu, sebulan ia biasanya mengekspor 8 sampai 10 kontainer briket. Negara tujuan sebagian besar berada di Timur Tengah.

Baca juga: Datang ke Jateng, Rahmat Gobel Bahas Investasi Industri Kecil Menengah

Menurutnya, pandemi ini justru jadi berkah, karena banyak kafe tutup jadi masyarakat banyak yang beraktifitas rumah. Ini yang membuat pesanan bertambah banyak.

“Ekspor briket arang batok kelapa justru naik selama pandemi. Saya saja kenaikannya bisa mencapai 20 persen. Dalam sebulan saja, omzet saya bisa mencapai Rp3,5 miliar,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Dipta Sulistyanto, pengusaha asal Klaten mengaku bisnis ekspornya naik hingga 50 persen selama pandemi.

“Artinya kami tidak terdampak dengan adanya pandemi ini,” imbuh Dipta yang mengaku ekspor ke Brasil dan beberapa negara di Amerika Latin.

Briket arang batok kelapa asal Jateng, lanjut Dipta, memang diminati banyak negara. Kualitasnya dinilai sebagai yang terbaik di dunia, sehingga banyak negara berminat mengimpor.

“Untuk itu, kami sedang membuat asosiasi pengusaha briket arang batok kelapa Indonesia. Tujuannya untuk menghimpun pengusaha yang bergelut di bidang ini, dan memberikan edukasi agar bisa masuk pasar ekspor. Bagaimana menjaga kualitas briket terbaik, cara packaging dan lainnya,” pungkasnya.

Baca juga: Mampu Ekspor dan Penjualan Meningkat Saat Pandemi, Ganjar Beri Penghargaan 6 UKM

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi kinerja para pengusaha briket arang batok kelapa itu. Meskipun di tengah pandemi, mereka justru kebanjiran order dan ekspor meningkat.

“Ini keren, justru ekspornya meningkat selama pandemi. Yang ekspor-ekspor seperti ini yang perlu kita dorong, karena bisa meningkatkan devisa,” jelasnya.

Ganjar juga mendukung terbentuknya asosiasi di kalangan pengusaha briket arang batok kelapa. Selain sebagai wadah komunikasi, dengan asosiasi itu semuanya memiliki wadah untuk maju bersama.

“Saya mendukung terbentuknya asosiasi ini, jadi nanti yang sudah sukses bisa memfasilitasi dan membantu yang baru mulai. Kalau ada persoalan, silakan dikumpulkan dan diinventarisasi. Nanti pasti akan kami bantu,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...

Milad Muhammadiyah, Hartopo : ‘Teruslah Konsisten Memberi Solusi untuk Negeri’

BETANEWS.ID, KUDUS - Plt Bupati Kudus HM Hartopo menghadiri Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Sabtu (21/11/2020). Dalam...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Mie Ayam Goreng Buah Naga, Kuliner Enak yang Murah dan Menyehatkan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di sebuah kedai yang berada di komplek kuliner JJS depan Universitas Muria Kudus tampak sepasang suami istri sedang sibuk....

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

IAIN Salatiga Ciptakan Aplikasi Belajar Daring yang Diklaim Ungguli Google Clasroom

BETANEWS.ID, SALATIGA – Seorang pria terlihat sedang sibuk mengoperasikan komputer di sebuah ruang Gedung Rektorat IAIN Salatiga, Senin (12/10/2020). Tangannya tampak cekatan...

Angkat Kearifan Lokal Desa Tawangrejo Melalui Ragam Motif Batik Tawung Sari

BETANEWS.ID, PATI - Di sebuah rumah yang berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati terlihat beberapa orang sedang membuat kain batik....