31 C
Kudus
Selasa, Mei 18, 2021
Beranda Wisata Libur Panjang, Dam...

Libur Panjang, Dam Tepus Beketel Bisa jadi Pilihan Kamu Berwisata

BETANEWS.ID, PATI – Semilir angin berhembus di danau atau Dam Tepus, Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Beberapa orang tampak sedang asyik bermain perahu bebek serta ada juga yang sedang memancing ikan.

Danau yang dibangun sejak tahun 1982 ini, tujuan awalnya digunakan sebagai sumber irigasi. Dikelilingi oleh hutan jati, membuat pesona danau buatan ini bertambah, sehingga menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Sekilas, tempat wisata ini bak Ranu Kumbolo.

Baca juga : Kisah Pertapaan Arjuna yang Jadi Asal Usul Air Terjun Lorotan Semar

- ads banner

Danau ini, dibuka sebagai tempat wisata sejak empat bulan yang lalu, tepatnya bulan Juli 2020. Bermula dari danau yang hanya digunakan untuk irigasi, kawasan ini disulap menjadi objek wisata oleh karangtaruna desa setempat.

“Ide awalnya dari Karang Taruna Desa Beketel untuk membangun Desa Wisata dengan tujuan memajukan desa,” ujar Harmadi (36), kepada betanews.id, Rabu (14/10/2020).

Lelaki yang merupakan pengawas wisata Dam Tepus itu mengatakan, selain wahana air, wisata ini juga menawarkan wahana pemancingan yang secara berkala dilakukan penyemaian benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan. Para wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk, namun untuk mengakses fasilitas wahana permainan, seperti perahu bebek, pengunjung dikenakan biaya mulai Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

“Sekarang ini jumlah wisatawan menurun, karena pandemi. Dulu, beberapa kali pengunjung bisa sampai 1.500 orang. Apalagi ketika itu beberapa kali diadakan bazar. Kalau sekarang ya paling per hari cuma 50 sampai 100 orang,” lanjut Harmadi.

Alfiya (21), salah satu pengunjung mengatakan, jika dirinya baru pertama kali datang ke wisata Dam Tepus. Ia mengetahui destinasi wisata ini dari sosial media dan dari teman-temannya.

Baca juga : Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

“Ya penasaran, karena ini kan tempat wisata yang masih baru, jadi kayaknya menarik gitu. Dan yang menarik di sini suasananya masih asri dan sejuk,” ujar mahasiswa IAIN Salatiga itu.

Wanita asal Pucakwangi, Pati itu juga mengatakan, untuk destinasi wisata yang tergolong masih baru ini menawarkan fasilitas yang cukup menarik dengan biaya terjangkau. Kemudian, juga tersedia berbagai spot foto yang menarik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

29,270FansSuka
14,686PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
39,141PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler