31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Janda Bolong Laris Manis di Pasaran, Woto Kewalahan Penuhi Pesanan Pelanggan

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa pria terlihat sedang menurunkan tanaman bermedia polybag dari truk. Tanaman yang diturunkan itu kemudian dibawa masuk ke dalam Pondok Bunga Cemara di Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kudus. Tanaman tersebut kemudian ditata rapi. Tanaman itu terlihat unik, daun dari tanaman itu tampak bolong di beberapa bagian. Tanaman tersebut yakni janda bolong yang lagi hits dan banyak diburu pecinta tanaman hias.

Suwoto (50), pemilik Pondok Bunga Cemara, sekaligus penyuplai tanaman hias janda bolong seantero Kudus dan sekitarnya mengatakan, setelah lebaran tahun ini tanaman bernama ilmiah monstera adansonii memang lagi ngehits. Gaungnya ke seluruh pelosok negeri. Keberadaannya pun diminati banyak orang. Sehingga peemintaan akan tanaman janda bolong sangat luar biasa.

“Sejak lebaran tahun ini permintaan tanaman janda bolong memang meningkat drastis. Saya sampai kewalahan memenuhi permintaan para pelanggan. Tanaman janda bolong yang baru datang ini juga sudah pesanan orang semua,” ujar pria yang akrab disapa Woto kepada betanews.id, Sabtu (10/10/2020).

-Advertisement-
Suwoto, Pemilik Pondok Bunga. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Tanaman Monstera Variegata Milik Warga Jepara Ini Dibanderol Rp 30 Juta

Pria warga Desa Karang Nongko, Kecamatan Nalumsari, Jepara, itu mengatakan, sebenarnya kalau sesuai list yang dicatatnya, jumlah total permintaan janda bolong pekan ini jumlahnya 6 ribu polybag. Namun karena tanaman janda bolong lagi banyak peminatnya, barang dari petani pun berebut. Dia pun hanya bisa membawa pulang sekitar 850 polybag.

Diakui Woto, memang ada beberapa pelanggan itu pesanannya melebihi jumlah tanaman janda bolong yang datang. Kemarin itu beberapa pelanggan yang pesan tanaman janda bolong sampai seribu polybag. Setelah tahu jumlah yang datang lebih sedikit dari pesanan mereka, mereka berebut dan ada yang berniat memborongnya.

“Iya ini ada pelanggan mau memborong tanaman janda bolong yang datang. Bahkan pelanggan saya bilang jangankan jumlah segitu, janda bolong satu truk (6 ribu polybag) dia mau membayarnya, harga terserah saya. Namun, karena tidak ingin mengecewakan pelanggan lainnya, janda bolong yang ada akan dibagi rata kepada pemesannya,” jelasnya.

Pria yang sudah dikaruniai tiga anak itu menuturkan, saat ini ia bisa dibilang sebagai penyuplai tanaman janda bolong satu – satunya di Kudus dan sekitarnya. Hampir seluruh bakul tanaman hias di Kota Kretek dan kota lainnya, dia yang menyetori tanaman dengan ciri daun bolong – bolong tersebut. Menurutnya, jumlah pelanggannya ada puluhan orang, yang tersebar seantero Kudus dan daerah lainnya.

Untuk harga tanaman janda bolong, tuturnya, ia banderol bervariasi. Tergantung keadaan tanaman dan jumlah daunnya. Kalau yang daun satu itu harganya mulai Rp 15 ribu. Sedangkan yang paling mahal itu yang sudah punya beberapa daun dan keadaannya bagus itu harganya sekitar Rp 70 ribu per polybag.

“Yang saya jual ini jenis tanaman janda bolong biasa. Kalau yang mahal itu janda bolong variegata. Harga janda bolong variegata, satunya bisa puluhan hingga ratusan juta. Tergantung jumlah daunnya,” bebernya.

Baca juga : Inilah yang Membuat Monstera Harganya Selangit, Pantas Saja Banyak Diburu

Dia mengatakan, saat ini di Pondok Bunga Cemara hanya ada setok tanaman janda bolong biasa. Khusus untuk janda bolong variegata ia tidak menyetoknya. Namun jika ada yang pesan, dan harganya cocok dia sanggup mencarikannya.

“Kalau ada yang mau pesan janda bolong variegata, saya sanggup mencarikan. Insyaallah dapat, yang penting cocok harganya,” ujar Woto.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER