31 C
Kudus
Kamis, November 26, 2020
Beranda Otomotif RKY Custom, Bengkel...

RKY Custom, Bengkel Spesialis Restorasi Motor Jadul

BETANEWS.ID, KUDUS – Di pelataran sebuah rumah di tepi Jalan Kudus – Colo, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus tampak terpajang beberapa motor tua. Di sampingnya terlihat beberapa pria sedang sibuk merestorasi ulang sepeda motor. Tempat tersebut yakni Bengkel Motor RKY Custom, bengkel spesialisai restorasi motor.

Pemilik Bengkel RKY Custom yakni Ricky Ariyanto (27) menuturkan, bengkel yang dirintis sejak 2010 itu memang lebih dikenal sebagai bengkel spesialis restorasi motor tua. Bahkan ia pun menyanggupi merestorasi motor, meski bahan yang datang itu sudah berupa rongsokan. Dia pun menjamin motor rongsok datang, keluar dari Bengkel RKY Custom sudah bak baru keluaran pabrik.

“Kami merestorasinya full ya, tidak hanya bodi motor. Namun juga mesinnya kami restorasi seperti baru lagi. Bahkan kalau yang punya ingin bore up atau tambah cc kami pun bisa,” ujar pria yang akrab disapa Ricky kepada betanews.id, Jumat (18/9/2020).

Proses restorasi motor jadul yang dilakukan Ricky Ariyanto di bengkelnya. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Serba Bisa, Bengkel Spesialis Kustom Legendaris di Kudus Sejak 1985

Pria yang menjadikan teras rumahnya sebagai bengkel itu mengatakan, di bengkelnya saat ini lagi merestorasi motor – motor tua. Di antaranya, Honda Grand Astrea itu tinggal proses pemasangan dek. Kemudian ada Suzuki TS 100 cc, serta TS 125 cc tahun 1974. Ada juga motor Kawazaki KZ 2000 keluaran tahun 1983, atau biasa terkenal motor Binter Mercy.

Selain itu, lanjutnya, ia juga dapat orderan merestorasi motor tua dan lumayan langka, yakni Suzuki GT 380 tiga silinder keluaran 1973. Menurutnya bahan motor yang datang itu berupa rongsok mesin usang. Meski agak langka, tapi dia menyanggupi untuk merestorasi ulang motor tersebut seperti kayak barunya lagi. Mulai dari bodi dan mesinnya.

“Itu yang sudah jadi malah lebih tua dan langka dari motor Suzuki GT 380 tiga silinder, yakni motor Yamaha YL 3 dua silinder keluaran tahun 1963. Motor tersebut adalah motor grand prix (GP) pada zaman dulu. Itu sudah siap pakai pokoknya tinggal tarik gas jalan,” ujarnya kemudian menstarter motor yang dimaksud.

Pria yang sudah dikaruniai satu anak itu kemudian mengajak ke belakang rumahnya dan menunjukan motor lain yang sudah direstorasinya. Di antaranya ada Honda 70. Serta Honda Win yang direstorasi jadi motor trail. Dia pun mengungkap, pernah merestorasi ulang Yamaha RX King, Yamaha Twin, dan lain sebagainya.

“Pokoknya jenis motor apa pun yang ingin direstorasi ulang kami siap menerimanya. Yang penting kalau motornya terlalu tua, harus bersabar. Sedangkan biaya merestorasi motor tersebut berkisar mulai Rp 2 juta sampai Rp 6 juta. Harga tergantung spesifikasi dan barang motornya,” bebernya.

Dia mengakui dalam pengerjaan restorasi motor, beberapa kali menemui kendala. Terlebih kalau yang direstorasi itu motor lama dan tua. Menurutnya, kendalanya itu di pencarian spare part motor tersebut. Oleh sebab itu, kalau ada restorasi motor tua, dia selalu berpesan kepada pelanggannya untuk bersabar.

“Biasanya lama pengerjaan itu sekitar sebulan sampai dua bulan. Tapi kalau motor tua gitu, agak molor sedikit pelanggan bisa memaklumi. Sebab ya itu cari spare partnya agak susah,” ungkapnya.

Dia mengatakan, satu dasawarsa berdiri Bengkel RKY Custom sudah punya banyak pelanggan. Selain orang Kudus juga ada orderan dari kota lainnya. Ada yang dari Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Bali.

Menurutnya, para pelanggan itu biasanya mengirim mesin atau atau motor rongsok bersama suratnya lewat jasa pengiriman paket. Setelah motor sudah selesai direstorasi, motor tersebut dikirim kembali lewat jasa pengiriman paket ke alamat pemiliknya.

Baca juga : Pelanggan Rela Nunggu Dua Bulan untuk Bisa Servis di Bengkel Sepeda Starbike Jaya

“Seperti mesin Suzuki GT 380 tiga silinder itu milik orang Jakarta. Mesin dikirim lewat paket,” jelasnya.

Dia berharap ke depan bisa punya showroom untuk menjual motor tua hasil restorasinya. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu proses restorasinya. Mereka tinggal pilih motor tua yang sudah siap pakai di showroom.

“Saya punya pemikiran itu, karena bagiku bisnis motor tua sangat menjanjikan. Peminatnya juga masih banyak,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Pesona Pasir Putih Pantai Blebak Jepara yang Begitu Memikat

BETANEWS.ID, JEPARA – Semilir angin dari barisan pohon pinus menemani beberapa anak kecil bermain air di Pantai Blebak, Rabu (28/10/2020). Di bawah...

Perabotan Berbahan Kaca dan Alumunium di Tri Jaya Glass Ada Garansi 1 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Undaan Lor, Gang 5, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tampak beberapa orang sedang beraktivitas di...

Jembatan di Desa Kayen Pati Ambruk Diterjang Banjir

BETANEWS.ID, PATI - Siang itu, Selasa (24/11/2020) di Dukuh Carikan, RT 4 RW 3, Desa/Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati terlihat banyak warga yang...

Masa Depannya Buram Saat Kerja di Pabrik, Wahyu Kini Sukses Jualan Ban Motor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di dalam sebuah bangunan yang berada di tepi Jalan Cipto Kusumo, Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak...

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...