31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaOtomotifGowes Ngehits, Bengkel...

Gowes Ngehits, Bengkel Serba Bisa Milik Kaozan Kebanjiran Orderan Bikin Motor Sepeda

BETANEWS.ID, KUDUS – Suasana Jalan Kudus – Purwodadi siang itu tampak ramai. Suara bising kendaraan lewat seolah menutup suara raungan mesin gerinda tangan. Tampak mesin tersebut dipegang seorang pria untuk memotong ujung knalpot. Setelah itu, knalpot tersebut dipasang pada motor unik. Motor tersebut terdiri dari rangka mirip sepeda, namun dibekali mesin motor. Kendaraan tersebut biasa dikenal motor sepeda, karya Kaozan (54) pemilik Bengkel Serba Bisa.

Di sela kesibukannya, Kaozan pun sudi berbagi penjelasan tentang motor sepeda yang sedang dirakitnya. Dia mengatakan, sejak tren gowes ngehits, ia mengaku beberapa kali dapat orderan pembuatan motor sepeda. Menurutnya, motor sepeda itu sekilas mirip sepeda, namun dibekali mesin motor sebagai penggerak roda.

Pemilik Bengkel Serba Bisa Kauzan sedang mengerjakan modifikasi motor sepeda. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Pelanggan Rela Nunggu Dua Bulan untuk Bisa Servis di Bengkel Sepeda Starbike Jaya

- Ads Banner -

“Ini kan gowes lagi ramai dan ngehits ya. Jadi banyak orang yang ingin bikin motor dengan bentuk mirip sepeda. Berhubung kami itu Bengkel Serba Bisa, pesanan itu kami layani,” ujar Kaozan kepada betanews.id, Selasa (18/9/2020).

Pria yang sudah merintis usaha bengkel sejak 1985 itu menuturkan, motor sepeda yang dibikinnya itu menggunakan mesin Honda Legenda 99 cc. Menurutnya, mesin motor tersebut dari sang pemesan. Sedangkan untuk onderdil lainnya, dia yang menyediakan. Tentunya spesifikasi sesuai pesanan pelanggannya.

Dia pun kemudian merinci onderdil yang disediakannya. Bahkan ada beberapa yang dia bikin sendiri. Di antaranya, setang, skok, rem cakram, rantai, velg, ruji, ban, supitan, lampu, kerangka kendaraan, knalpot dan tangki bahan bakar. Menurutnya, tiga bagian yang disebutnya terakhir itu merupakan bikinan Kauzan sendiri.

“Memang ada beberapa onderdil yang memang kami bikin sendiri. Karena saya bisa dan cukup ahli. Misal tempat bahan bakar yang bentuknya unik berbentuk termos air, dengan kapasitas satu setengah liter. Kemudian kenalpot desain retro, serta tentunya kerangka kendaraan,” ungkapnya.

Pria yang sudah dikaruniai enam cucu itu mengatakan, proses pembuatan motor sepeda itu cukup singkat. Tergantung dari ongkos dari sang pemesan. Biasanya, aku Kauzan, untuk menyelesaikan satu unit motor sepeda itu hanya butuh waktu dua pekan. Kalau ongkosnya tidak lancar ya bisa molor sampai satu bulan.

Baca juga : Jadi Tren Sejak Pandemi, Pelanggan Bengkel Sepeda Pak Pwa Sampai Antre

“Untuk harga pembuatan motor sepeda itu sekitar Rp 4 juta per unit. Uang tersebut hanya untuk ongkosnya saja. Jadi selain ongkos, pemesan juga bawa mesin motor,” jelasnya.

Menurutnya, motor custom hasil karya Kauzan itu bergaransi satu tahun. Garansi untuk kekuatan kerangka dan lainnya. Kalau ada kerusakan selama setahun dia siap memperbaikinya. “Garansi itu untuk body ya, bukan untuk jeroan mesinnya,” bebernya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler