31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Dua Pasangan Bakal Calon Mendaftar di KPU Demak di Hari Pertama

BETANEWS.ID, DEMAK – Seorang pria mengenakan kaus berkerah tampak menatap layar laptop di sebuah ruangan yang berada di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak. Dia tak lain adalah Abdul Latif (37), Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara. Dirinya berbagi penjelasan kepada betanews.id tentang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Demak Tahun 2020.

Saat ini, katanya sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal pasangan calon yang dibuka mulai 4 hingga 6 September 2020. Pria yang akrab disapa Latif itu membeberkan, jika pada hari pertama dibuka pendaftaran, dua pasangan bakal calon sudah mendaftarkan diri.

“Jadi, pada hari pertama kedua pasangan bakal calon sudah mendaftar. Selain itu juga, delapan partai dengan total 50 kursi sudah masuk sebagai partai pengusung. Sehingga pendaftaran ini bisa dikatakan sudah selesai,” kata warga Desa Beraham Wetan, Kecamatan Wedung, Demak itu.

-Advertisement-

Baca juga : Pilkada di Tengah Pandemi, Ganjar Minta KPU Cari Titik Temu Rencana Anggaran

Pada hari pertama, Jumat (4/09/2020) pukul 10.00 WIB Paslon Mugiyono dan Muhammad Badruddin Ma’shum (Mugi-Hebad) menjadi pendaftar pertama. Pasangan ini diusung Partai Gerindra dan Partai Nasdem. Kemudian, pada pukul 13.00 WIB, diikuti oleh Paslon Eisti’anah dan Joko Sutanto (Eisti-Jos).

“Paslon Eisti’anah dan Joko Sutanto, diusung enam partai. Yakni, PDI Perjuangan, PKB, Golkar, PPP, Demokrat dan PAN, dengan jumlah 36 kursi. Sedangkan Paslon Mugiyono dan Muhammad Badruddin diusung Partai Gerindra dan Partai Nasdem, dengan jumlah 14 kursi,” rincinya, Sabtu (5/9/2020).

Pihaknya berencana melakukan koordinasi dengan kedua bakal pasangan calon pada hari Minggu (6/9/2020). Menurutnya, koordinasi tersebut berkaitan dengan tahapan selanjutnya, yaitu pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada tanggal 8 dan 9 September 2020. Jadi sebelum pemeriksaan kami akan melakukan koordinasi terlebih dahulu besok,” ungkapnya.

Baca juga : Meski Kudus Tak Gelar Pilkada, Polisi Digembleng untuk Hadapi Kerusuhan

Dia juga menambahkan, setiap tahapan pemilu akan diupload di website KPU Kabupaten Demak. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020, tentang Perubahan Keempat atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017, KPU membuka tanggapan dan masukan masyarakat terhadap dokumen syarat pencalonan.

“Jadi setiap tahapan kami segera publikasikan melalui website KPU Kabupaten Demak, kpu.demakkab.go.id. Agar masyarakat bisa ikut mengawal proses pemilu serta memberi masukan dan tanggapan bagi kami,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER