31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Akan Ada River Tubing dan Flying Fox di Cengkir Manis, Wisata Baru yang Hits di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa orang terlihat sedang menikmati akhir pekan di bawah pepohonan jati yang rindang. Sebagian dari mereka ada yang bermain di beberapa wahana yang telah disiapkan di tempat yang berada di Dukuh Kedung Mojo, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus itu. Lokasi tersebut adalah wisata alam Cengkir Manis yang sedang hits di kalangan wisatawan.

Kepala Desa Tanjungrejo Christian Rahardianto (40) menuturkan, Wisata Cengkir Manis adalah  wisata alam yang menawarkan berbagai wahana permainan, serta bisa jadi lokasi edukasi bagi anak-anak.

Beberapa pengunjung sedang menaikik jembatan bambu di Wisata Alam Cengkir Manis. Foto: Rabu Sipan.

“Wisata Cengkir Manis memang ide saya. Namun untuk pelaksanaannya dibantu oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan warga Desa Tanjungrejo. Bahkan lahan yang dijadikan Wisata Cengkir Manis ini milik bapak Abdul Rasyid, ketua Pokdarwis,” ujar pria yang akrab disapa Chris kepada Betanews.id, Sabtu (19/9/2020).

Baca juga: Asyiknya Belajar Budi Daya Lebah Sambil Menikmati Air Terjun di Kudus

Pria yang terpilih jadi kepala desa dua kali dalam periode yang tidak berurutan itu menambahkan, Wisata Cengkir Manis berada di lahan seluas 3.200 meter persegi. Di lahan tersebut nanti dilengkapi beberapa wahana permainan dan spot foto yang Instagramable. Di antaranya, flying fox, jembatan jaring, aneka wahana bermain anak-anak, dan wahana permainan anak tempo dulu. Bahkan, nantinya juga ada wisata river tubing yang sudah dinantikan wisatawan.

“Nanti di Wisata Cengkir Manis ada wahana permainan anak tempo dulu. Antara lain egrang, bakiak, dan lainnya. Serta nanti ada kegiatan river tubing dan naik perahu kano,” ungkapnya.

Dia menuturkan, untuk pendanaan Wisata Cengkir Manis selama ini dari dirinya dengan dibantu oleh anggota Pokdarwis. Dengan sistem kerja sama, ada yang bantu pembiayaan serta tenaga. Dia pun mengungkapkan, dana yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan wisata Cangkir Manis sudah sekitar Rp 150 juta.

“Dana tersebut untuk membangun fasilitas yang sudah ada sebagai persiapan launching. Kalau estimasi biaya keseluruhan, agar Wisata Cengkir Manis bisa seusai keinginanku, termasuk dana untuk perlengkapan safety river tubing, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 2 miliar,” ujar Christ.

Baca juga: Mountain Lake Resto, Paket Komplet Wisata Keluarga yang Nggak Bikin Kantong Jebol

Meski belum dilaunching, masyarakat sangat antusias berkunjung ke wisata Cengkir Manis. Lantaran belum dibuka, wisatawan yang datang hanya diminta bayar seikhlasnya. Untuk awal-awal, pihaknya memang tidak mematok target pengunjung yang muluk-muluk, yaitu hanya warga Kudus dan se Karesidenan Pati saja.

“Namun, kemarin kami sempat upload foto aneka wahana dan fasilitas yang ada di wisata Cengkir Manis ke media sosial. Ternyata banyak orang dari luar kota, termasuk kota-kota besar yang antusias untuk datang. Terutama untuk wisata river tubingnya,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER