31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Asyiknya Belajar Budi Daya Lebah Sambil Menikmati Air Terjun di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Desa Dukuh Waringin yang berada sekitar 22 kilometer dari Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, menyimpan banyak potensi wisata yang menakjubkan. Selain air terjun Kedung Gender yang tingginya mencapai 20 meter, ternyata ada wisata edukasi lebah yang dapat dikunjungi wisatawan.

Ketua Pokdarwis Mutiara Hijau Desa Dukuh Waringin Hasanudin (40) mengatakan, desa yang berada di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu memang terkenal sebagai daerah penghasil madu di Kudus. Alasan itulah yang membuat pihak desa mengembangkan wisata edukasi di daerah tersebut.

Tempat budi daya lebah di Desa Dukuh Waringin yang dibuka untuk wisatawan, Senin (20/7/2020). Foto: Imam Arwindra.

“Di sini banyak yang bekerja menjadi peternak lebah. Master-masternya pun banyak,” tuturnya saat ditemui, Senin (20/7/2020).

Pihaknya juga menjamin keamanan saat wisatawan belajar beternak lebah. Karena pengunjung akan dipandu langsung oleh ahli-ahli lebah.

“Tenang, aman. Nanti saat berada di peternakan lebah tetap ada yang memandu. Jadi di sini sudah ada ahlinya,” kata Hasanudin.

Baca juga: Air Terjun Kedung Gender, ‘Surga’ Tersembunyi di Kudus

Saat belajar beternak lebah, wisatawan dapat melihat dan belajar secara langsung, serta akan diajari proses beternak lebah dari awal hingga panen madu.

“Wisatawan juga bisa menikmati madu langsung dari sarangnya,” ungkap Hasanudin.

Soal biaya, Hasanudin menuturkan, harga yang diberikan sangat murah. Pihaknya menggunakan sistem paket wisata, yakni mulai dari harga Rp 30 ribu per orang.

“Jadi paketnya wisata edukasi lebah, Air terjun Kedung Gender, dan UMKM yang ada di Desa Dukuh Waringin,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyediakan kendaraan dan home stay jika ada wisatawan yang ingin menginap. Untuk menginap, wisatawan hanya perlu membayar Rp 200 ribu per malam. Selain fasilitas kamar, setiap pagi akan disediakan sarapan dan makanan ringan.

“Jadi nanti tinggalnya di rumah-rumah warga. Bisa juga milih tempat yang dekat dengan air terjun Kedung Gender,” terangnya.

Baca juga: Melihat Proses Panen Madu di Desa Dukuhwaringin

Bagi wisatawan yang berminat, lanjut Hasanudin, bisa langsung pergi ke lokasi Air Terjun Kedung Gender atau booking ke nomor 0858 7909 7022.

Sementara itu, Kepala Desa Dukuh Waringin Aris Istiyanto mendukung penuh paket wisata yang dicanangkan Pokdarwis Mutiara Hijau. Menurutnya, dengan wisata yang maju, ekonomi masyarakat di desa yang dipimpinnya juga akan meningkat.

“Kami akan support dengan insentif anggaran untuk melengkapi kebutuhan yang dibutuhkan. Ini sangat bermanfaat agar desa menjadi maju,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER