31 C
Kudus
Rabu, Agustus 12, 2020
Beranda Wisata Asyiknya Belajar Budi...

Asyiknya Belajar Budi Daya Lebah Sambil Menikmati Air Terjun di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Desa Dukuh Waringin yang berada sekitar 22 kilometer dari Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, menyimpan banyak potensi wisata yang menakjubkan. Selain air terjun Kedung Gender yang tingginya mencapai 20 meter, ternyata ada wisata edukasi lebah yang dapat dikunjungi wisatawan.

Ketua Pokdarwis Mutiara Hijau Desa Dukuh Waringin Hasanudin (40) mengatakan, desa yang berada di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu memang terkenal sebagai daerah penghasil madu di Kudus. Alasan itulah yang membuat pihak desa mengembangkan wisata edukasi di daerah tersebut.

Tempat budi daya lebah di Desa Dukuh Waringin yang dibuka untuk wisatawan, Senin (20/7/2020). Foto: Imam Arwindra.

“Di sini banyak yang bekerja menjadi peternak lebah. Master-masternya pun banyak,” tuturnya saat ditemui, Senin (20/7/2020).

Pihaknya juga menjamin keamanan saat wisatawan belajar beternak lebah. Karena pengunjung akan dipandu langsung oleh ahli-ahli lebah.

“Tenang, aman. Nanti saat berada di peternakan lebah tetap ada yang memandu. Jadi di sini sudah ada ahlinya,” kata Hasanudin.

Baca juga: Air Terjun Kedung Gender, ‘Surga’ Tersembunyi di Kudus

Saat belajar beternak lebah, wisatawan dapat melihat dan belajar secara langsung, serta akan diajari proses beternak lebah dari awal hingga panen madu.

“Wisatawan juga bisa menikmati madu langsung dari sarangnya,” ungkap Hasanudin.

Soal biaya, Hasanudin menuturkan, harga yang diberikan sangat murah. Pihaknya menggunakan sistem paket wisata, yakni mulai dari harga Rp 30 ribu per orang.

“Jadi paketnya wisata edukasi lebah, Air terjun Kedung Gender, dan UMKM yang ada di Desa Dukuh Waringin,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyediakan kendaraan dan home stay jika ada wisatawan yang ingin menginap. Untuk menginap, wisatawan hanya perlu membayar Rp 200 ribu per malam. Selain fasilitas kamar, setiap pagi akan disediakan sarapan dan makanan ringan.

“Jadi nanti tinggalnya di rumah-rumah warga. Bisa juga milih tempat yang dekat dengan air terjun Kedung Gender,” terangnya.

Baca juga: Melihat Proses Panen Madu di Desa Dukuhwaringin

Bagi wisatawan yang berminat, lanjut Hasanudin, bisa langsung pergi ke lokasi Air Terjun Kedung Gender atau booking ke nomor 0858 7909 7022.

Sementara itu, Kepala Desa Dukuh Waringin Aris Istiyanto mendukung penuh paket wisata yang dicanangkan Pokdarwis Mutiara Hijau. Menurutnya, dengan wisata yang maju, ekonomi masyarakat di desa yang dipimpinnya juga akan meningkat.

“Kami akan support dengan insentif anggaran untuk melengkapi kebutuhan yang dibutuhkan. Ini sangat bermanfaat agar desa menjadi maju,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,168FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

BPJS Ketenagakerjaan Kudus Targetkan 100 Ribu Pekerja Dapat Subsidi Rp 600 Ribu

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang terlihat duduk di kursi antrean yang berada di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus, (10/8/2020). Menaiki lantai dua...

Rapi dan Bergaransi, Pisau Buatan Andi Laris di Pasaran

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu Siswandi (36) terlihat sibuk dengan mesin gerinda di belakang rumahnya. Dia terlihat sedang mengkilapkan puluhan besi pisau...

Asyiknya Bersepeda Bareng Cewek-Cewek di Ceciwi Gowes

BETANEWS.ID, KUDUS - Matahari mulai condong ke Barat ketika rombongan pesepeda yang keseluruhannya beranggotakan perempuan sampai di sekitar Taman Oasis Djarum. Mereka...

Lutunna Rental, Jasa Persewaan Peralatan Bayi di Kudus yang Bikin Ibu Lebih Hemat

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa peralatan bayi terlihat tertata rapi di sebuah ruang depan rumah bercat kuning gading di Desa Peganjaran, Kecamatan Bae,...

Produksi Tempe Super, Jadi Solusi Ekonomi Mantan TKI di Kala Pandemi

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang pria terlihat sedang sibuk dengan rendaman kedelai di belakanga rumah yang berada RT 3 RW 2 Desa Karangmalang,...

Tes SKB CPNS Kudus Akan Segera Dilaksanakan, Catat Jadwalnya!

BETANEWS.ID, KUDUS – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)...

Ganjar Perintahkan Pendampingan Secara Intens Terhadap Santri di Pati yang Terinfeksi Covid-19

BETANEWS.ID, SEMARANG – Sebanyak 26 santri salah satu pondok pesantren (ponpes) di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terkonfimasi positif...