31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Kisah Kisah Sukses Farida,...

Kisah Sukses Farida, dari Juragan Sate Ayam Jadi Bos Triplek Bekas

BETANEWS.ID, KUDUS – Di dalam bangunan beratap seng yang berada di tepi utara Jalan Cut Nyak Dien, Kelurahan Mlati Kidul, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, tampak beberapa pria sedang memilih triplek bekas. Di antara mereka terlihat seorang perempuan dengan sabar melayani dan menjawab setiap pertanyaan para calon pembeli itu. Perempuan itu yakni Farida (30) pemilik dari Toko Sereseh Madura yang menjual triplek bekas.

Seusai melayani calon pembeli, Farida pun dengan senang hati berbagi kisah tentang usahanya itu. Dia mengatakan, terjun di dunia usaha jual beli triplek bekas sejak dua tahun lalu. Sebelumnya, dirinya punya usaha jualan sate ayam. Bahkan, sate ayamnya itu lumayan laris, dalam semalam bisa menjual sekitar 10 ribu tusuk.

beberapa calon pembeli sedang memilih triplek bekas di Toko Putra Sereseh Madura, Jumat (24/7/2020). Foto: Rabu Sipan.

“Sate ayam saya sebenarnya sudah sangat dikenal dan laris manis. Namun sayang lokasi tempat jualan saya kena gusur, karena memang pedagang kaki lima. Apesnya setelah terkena gusuran itu, saya tidak bisa dapat lokasi yang bagus untuk berjualan lagi,” ujar Farida kepada Betanews.id, Jumat (24/7/202).

Perempuan keturunan Madura dan tercatat sebagai Warga Lumajang, Jawa Timur itu menuturkan, karena tidak dapat lokasi berjualan sate, ia dan suaminya pun sempat menganggur. Saat menganggur itu ia dapat ide untuk berjualan triplek bekas. Menurutnya, ide itu didapatnya setelah lihat bapaknya jualan kayu palet.

Baca juga: Terkenal Awet Serta Mewah, Batu Paras Ukir Makin Berkibar

“Dengan tabungan yang tersisa saya dan suami nekat jualan triplek bekas dan kayu jati Belanda. Awalnya itu saya hanya menjual 15 lembar triplek bekas, dan 10 ikat kayu jati Belanda,” ungkap perempuan berhijab tersebut.

Jualan dengan jumlah barang yang sangat sedikit tersebut berkembangnya sangat susah, karena memang keterbatasan modal. Padahal tuturnya, suaminya punya cita-cita bisa punya stok triplek bekas yang banyak untuk dijual. Agar kelak tokonya itu bisa jadi pusat triplek bekas di Kota Kretek. Suaminya pun memeras otak agar bisa mendapatkan uang sebagai modal belanja.

“Suami saya kemudian berinisiatif memproduksi meja, kursi, lemari dan perabot lainnya. Ternyata perabot bikinan suami saya banyak peminatnya, dan banyak yang pesan,” beber perempuan yang sudah dikaruniai dua anak itu.

Dari keuntungan itulah dia bersama suaminya bisa belanja triplek bekas dalam jumlah banyak. Lambat laun stok triplek bekas di tokonya sangat banyak. Sehingga ia punya banyak stok dan percaya diri untuk menjajakan aneka jenis triplek dengan berbagai ukuran.

Baca juga: Kolam Taman Kreasi Busiri Bisa Didapat Mulai Rp 250 Ribu

“Bahkan sekarang, setiap bulannya kami bisa dapat kiriman empat truk terkadang juga lebih,” ungkapnya.

Dia menuturkan, Toko Sereseh Madura kini sudah lumayan dikenal. Pembeli triplek bekas datang tidak hanya orang Kudus saja. Namun banyak juga yang datang dari luar kota. Di antanya, Jepara, Demak, Purwodadi, Pati, Klaten, Rembang, hingga Tuban.

“Saya bersyukur, meski usaha saya yang terdahulu kena gusur, kini saya bisa temukan usaha jual triplek bekas. Bisa dibilang toko saya itu jujugan orang yang ingin beli triplek bekas,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Semua Destinasi Wisata Milik Pemda Kudus Sudah Dibuka Kembali

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus sudah membuka semua destinasi wisata yang dikelolanya. Di antaranya, Taman Krida, Taman...

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Sembuh dari Covid-19, Sekjen MUI Jateng Cerita Sering Konsumsi Sari Tebu

BETANEWS.ID, SEMARANG - Wabah Covid-19 hingga saat ini masih belum ditemukan vaksinnya. Namun, ada cerita di balik pasien sembuh dari virus yang...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...