31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Kudus Seluruh Desa di...

Seluruh Desa di Kudus Terima Bantuan Jogo Tonggo Kit

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyalurkan bantuan berupa 132 paket Jogo Tonggo Kit kepada Pemerintah Kabupaten Kudus, Jumat (3/7/2020). Bantuan berupa alat kesehatan tersebut diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan diterima langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo di Pendopo Kabupaten Kudus. Hadir juga perwakilan anggota DPRD Provinsi Jateng dan sejumlah kepala desa di Kudus.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo menuturkan, bantuan yang diberikan bersifat stimulan. Pihaknya hanya memberikan bantuan di tingkat desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kudus.

“Bantuan bersifat stimulan. Karena kami belum bisa menyentuh sampai ke tingkat RT dan RW,” tuturnya saat ditemui selepas kegiatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo. Foto: Imam Arwindra

Baca juga : Kampung Tangguh Nusantara Candi Diharapkan Jadi Solusi Penanganan Pandemi

Dia menjelaskan, Jogo Tonggo Kit yakni berisi alat kesehatan yang nantinya digunakan Satgas Jogo Tonggo untuk menjalankan tugas.

Di sebutkan, setiap desa mendapatkan 1.000 buah masker kain, sepatu boot 10 pasang, sarung tangan 10 pasang, spryer otomatic satu buah dan hand sanitizer 50 liter. Selanjutnya, disinfektan 30 liter, thermogun satu buah, tas satu buah, modul buku satu buah dan alat pelindung diri (APD) sipil 10 set.

“Jadi APD yang kami berikan bukan yang biasa digunakan untuk tenaga medis. Ini APD sipil,” jelasnya.

Menurutnya, untuk seluruh desa dan kelurahan di Jawa Tengah, pihaknya sudah menyiapkan 8.550 paket Jogo Tonggo Kit. Saat ini, pihaknya sedang melakukan pendistribusian ke semua wilayah di Jawa Tengah.

“Kami bagikan 8.550 buah paket ke masyarakat sesuai jumlah desa yang ada di Jawa Tengah,” tuturnya.

Yulianto menuturkan, pemberian berupa alat kesehatan merupakan strategi pemberdayaan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta untuk terlibat langsung dalam melakukan perencanaan hingga evaluasi.

“Ini sesuai intruksi gubernur, Jogo Tonggo bisa terlibat dalam mendata masyarakat. Terutama yang berisiko tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Kudus. Menurutnya, bantuan Jogo Tonggo Kit sangat diperlukan terutama di desa.

“Di tengah tren kasus (Covid-19) yang meningkat, saya berharap Jogo Tonggo Kit dapat bermanfaat untuk pencegahan penularan Covid-19,” tuturnya.

Baca juga : Warung Gratis, Cara Desa Gambasan Temanggung Aplikasikan Jogo Tonggo

Selain itu, Hartopo meminta agar Pemprov Jateng dapat membantu rumah sakit lini tiga. Menurutnya, saat ini pemerintah pusat hanya memberikan bantuan kepada rumah sakit lini satu dan dua.

Dia juga menyebutkan, di Kudus terdapat tujuh rumah sakit rujukan Covid-19. Satu rumah sakit lini satu yakni RSUD dr Loekmono Hadi, satu rumah sakit lini dua yakni RS Mardi Rahayu dan lima rumah sakit lini tiga.

Diketahui rumah sakit lini tiga di Kudus yakni RSI Sunan Kudus, RS Kumala Siwi, RS Aisiyah, RS Nurus Syifa dan RS Kartika Husada. “Kalau bisa kami minta ‘angka’ untuk membantu rumah sakit lini tiga yang ada di Kudus,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...