31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaDAERAHWarung Gratis, Cara...

Warung Gratis, Cara Desa Gambasan Temanggung Aplikasikan Jogo Tonggo

BETANEWS.ID, TEMANGGUNG – Beberapa warga tampak silih berganti mendatangi sebuah warung kebutuhan pokok di Dusun Jetis, Desa Gambasan, Kabupaten Temanggung. Mereka kemudian memilih-milih aneka bahan makanan sehari-hari untuk dibawa pulang.

Uniknya, tak ada penjual di warung itu. Masyarakat yang mengambil bahan-bahan juga tidak perlu membayar. Syaratnya, setiap hari hanya boleh mengambil dua jenis bahan makanan.

Itulah praktik program Jogo Tonggo di Dusun Jetis, Desa Gambasan. Sejak wabah covid-19 melanda, warga berinisitif membantu sesama dengan membuat warung gratis. Mereka yang mampu diminta membantu, sementara yang tidak mampu dapat mengambil.

- Ads Banner -

“Di Desa Gambasan ada enam warung seperti ini. Semuanya gratis karena untuk membantu masyarakat agar tidak kesusahan saat musibah Corona,” kata Kepala Desa Gambasan, Wahyu Cinto, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Lewat Jogo Tonggo, Warga Jomblang Terdampak Corona Bisa Makan Gratis di Dapur Umum

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hendak menghadiri beberapa kegiatan di Temanggung sengaja mampir untuk melihat program Jogo Tonggo masyarakat Jetis itu. Di sana, Ganjar bangga melihat praktik gotong royong antara warga masih berjalan baik.

Dalam kunjungan itu, Ganjar melihat sendiri antusias warga dalam membantu mengisi warung tersebut. Termasuk Eni Lestari (56) yang hari itu membantu bermacam-macam sayuran, seperti kacang panjang, kol, tomat dan tauge.

Ganjar pun meminta warga untuk memanggil Eni. Kepada Ganjar, Eni mengatakan sengaja menyumbang agar masyarakat adem ayem.

“Kersane masyarakat adem ayem, Pak (biar masyarakat tenang, Pak). Meski kulo mampune bantu kacang panjang, tomat, kol lan tauge, tapi kulo ikhlas,” kata Eni.

Jawaban itu langsung membuat Ganjar terenyuh. Ia pun spontan mengacungkan dua jempolnya pada perempuan paruh baya itu.

Baca juga: Begini Konsep Jogo Tonggo yang Diterapkan di Perumahan SUPM Tegalsari Kota Tegal

“Ini keren, Bu Eni mau membantu dengan ikhlas, meskipun dia hanya bekerja bantu-bantu. Ini nilai-nilai yang harus kita jaga dari masyarakat, nilai-nilai kemanusiaan yang menurut saya keren,” kata Ganjar.

Tak hanya soal pangan, Ganjar juga menitipkan urusan kesehatan khususnya pada ibu hamil, menyusui dan balita, lansia dan penyandang disabilitas.

“Mereka semua adalah kelompok rentan yang harus mendapat perhatian,” tukas Ganjar.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler