31 C
Kudus
Senin, Januari 18, 2021
Beranda Kudus Alasan Tidak Betah...

Alasan Tidak Betah di Rumah Sakit, 14 Pasien Covid-19 di Kudus Memaksa Pulang

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 14 pasien yang terkonfirmasi suspect dan positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa untuk pulang ke rumah. Pasien tersebut seharusnya masih harus menjalani perawatan hingga tes swabnya dinyatakan negatif. Menurut informasi yang beredar, keseluruhan dari pasien tersebut yakni dirawat di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus.

Saat ditemui betanews.id di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Kamis (30/7/2020), Direktur RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Abdul Azis Achyar membenarkan jika terdapat 14 pasiennya yang memaksa pulang ke rumah. Menurutnya, pasien tersebut sudah tidak betah berada di rumah sakit.

Direktur RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Abdul Azis Achyar. Foto: Imam Arwindra

“Saya tidak tahu secara pasti alasannya pulang apa. Namun kondisi pasien baik,” tuturnya.

Baca juga : Ada Puluhan Kasus Positif Tiap Hari, Target Zona Hijau di Agustus Sulit Tercapai

Menurutnya, dari total 14 pasien yang memaksa untuk pulang, akhirnya terdapat satu pasien yang kembali ke RSUD. Satu pasien yang kembali tersebut dikatakan memiliki masalah pada pernafasannya.

“Jadi jumlah pasien yang pulang ada 14. Namun akhirnya ada satu pasien kembali karena sesak nafas,” jelasnya.

Ke-13 pasien yang pulang ke rumah, menurut Aziz, harus membuat surat pernyataan bersedia melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal tersebut dilakukan agar dirinya bisa menjaga dirinya untuk kebaikan keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

“Tetap nanti akan dipantau dari DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus),” tuturnya.

Mengenai tentang asal daerah, lanjut Aziz, Ke-13 pasien tersebut berasal dari dalam dan luar Kabupaten Kudus. Menurutnya, 10 orang dari Kabupaten Kudus dan tiga orang dari luar Kabupaten Kudus. Sementara, 90 persen dari mereka memiliki penyakit penyerta. “Kalau yang sesak tadi orang Kudus sendiri,” terangnya.

Aziz mengungkapkan, selama pasien dirawat di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, sebenarnya pihaknya kerap mengajak untuk berjemur dan berolahraga di waktu pagi. Hal tersebut agar pasien secara imunitas tubuh akan lebih baik.

Baca juga : Antisipasi Covid-19, Pasar Rakyat di Kudus Diberi Sekat Antara Pedagang dan Pembeli

Selain itu, Aziz juga sering terjun sendiri untuk memberikan dukungan moril kepada para pasien Covid-19. Sebab diakuinya, ketika seseorang menerima kabar bahwa dirinya terkonfirmasi positif Covid-19, pasien akan mengalami stres yang tinggi.

“Jadi orang itu, begitu tahu dirinya positif akan menyebabkan stres tinggi. Selanjutnya akan berpengaruh dengan sistem kekebalan tubuh,” tuturnya.

Dikutip dari corona.kuduskab.go.id, jumlah pasien yang dirawat di RSUD dr Loekmono Hadi berjumlah 77 orang. Sejumlah 63 orang dari Kudus dan 14 orang dari luar Kabupaten Kudus. Sementara, saat ini untuk jumlah bed pasien Covid-19 yang tersedia di RSUD yakni 100 buah.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
26,722PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler