31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Kudus Ada Puluhan Kasus...

Ada Puluhan Kasus Positif Tiap Hari, Target Zona Hijau di Agustus Sulit Tercapai

BETANEWS.ID, KUDUS – Target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus yang ingin menurunkan zona Covid-19 jadi hijau di Agustus dipastikan akan sulit terealisasi. Mengingat, kasus positif masih tinggi dalam beberapa minggu ini.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menuturkan, saat ini Kabupaten Kudus berada di zona merah yang mengarah ke hitam. Hal tersebut terjadi karena kasus positif Covid-19 di Kudus terus naik.

“Kudus ini zonanya sudah gelap. Merah ke arah hitam,” tuturnya saat ditemui selepas Rapat Paripurna di Kantor DPRD Kudus, Selasa (28/7/2020).

Beralihnya merah menuju hitam menurut Hartopo, lantaran banyak ditemukannya kasus kematian yang terkonfirmasi positif Covid-19. Walau pasien yang meninggal keseluruhan tidak murni terkena Covid-19 melainkan karena penyakit penyerta.

“Ke arah hitam, itu indikatornya kasus kematian Covid-19 dan suspek meningkat,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Kudus Siapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Menurut Hartopo, saat ini peningkatan kasus Covid-19 di Kudus dalam sehari pernah mencapai 40 kasus. Namun untuk pasien Covid-19 yang sembuh hanya tujuh orang saja.

“Sehari yang positif (Covid-19) bisa 40 kasus, 20 kasus dan 27 kasus. Namun yang sembuh cuma tujuh. Pernah kemarin positif 40 orang, sembuh 30 orang. Jadi trennya naik terus,” tutur Hartopo.

Peningkatan kasus tersebut, kata Hartopo, juga tidak lepas dari skrening massal yang telah dilakukan. Skrening massal ini sudah mulai dilakukan sejak Juni.

“Kita mulainya dulu kan saat bisa tes swab sendiri. Dan sehari bisa 90 sampel,” katanya.

Baca juga: Hari Ini di Kudus Tambah 42 Kasus Positif Covid-19

Hingga saat ini, lanjut Hartopo, pihaknya sudah melakukan pelacakan sekitar 2.500 orang. Mayoritas orang tersebut yakni yang memiliki kontak erat dengan  pasien positif Covid-19.

“Kudus tidak bisa diam. Ada kontak traking dengan pasien kita harus melacak. Kita langsung swab,” tuturnya.

Sementara itu, Per 29 Juli 2020 pukul 20.00 WIB jumlah kasus Covid-19 di Kudus yakni 797 kasus. Terdiri dari pasien dirawat 108 orang, 199 orang melakukan isolasi mandiri, 371 orang sembuh dan 91 orang meninggal.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...