31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSAbaikan Protokol Kesehatan,...

Abaikan Protokol Kesehatan, Alfamart Perempatan Panjang Kudus Ditutup Sementara

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus menutup sementara toko modern Alfamart yang berada di Perempat Panjang, Jalan Lingkar Utara, Desa Bacin, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Penutupan tersebut dilakukan tanggal 6-7 Juli 2020 karena melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Dari pantauan di lapangan, Alfamart yang menghadap ke arah selatan itu, pintunya terlihat masih terbuka sedikit pada tanggal 6 Juli 2020 sekitar pukul 14.30 WIB. Dari halaman toko, nampak lampu di dalam toko masih menyala. Di dalam toko pun juga terdengar percakapan beberapa petugas toko. Namun mereka tidak melayani pembeli yang datang, sehingga banyak yang putar balik.

Kusmiati (40) pedagang jus buah yang berjualan di sekitar Alfamart menuturkan, penutupan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus. Penutupan dilakukan hari Minggu (5/7/2020) malam sekitar bukul 21.00 WIB.

- Ads Banner -

Baca juga : Hartopo Ancam Tutup Lagi Pasar Kliwon Jika Protokol Kesehatan Diabaikan

“Jadi yang nutup itu Satpol PP minggu malam. Di sini (Alfamart) saat itu memang ramai,” tuturnya saat ditemui di lapaknya, Senin (6/7/2020).

Dia menceritakan, sebelum ditutup Satpol PP, Plt Bupati Kudus HM Hartopo diketahui sempat belanja di Toko Alfamart tersebut.

Alfamart yang berada di Perempatan Panjang ditutup sementara karena abaikan protokol kesehatan. Foto: Imam Arwindra

Menurutnya, saat itu dirinya mendengar Hartopo sempat marah-marah memperingatkan tentang protokol kesehatan Covid-19. Akhirnya, setelah Hartopo pulang, tiba-tiba petugas Satpol PP datang dan langsung menutup toko tersebut.

“Pak Bupati saat itu pakai pakaian biasa, karena memang belanja. Pak Bupati juga sempat cari kepala tokonya, namun tidak ketemu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Djati Solechah membenarkan pihaknya telah menutup Alfamart yang berada di Perempatan Panjang. Menurutnya, penutupan itu dilakukan karena tidak melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. “Iya benar tokonya kami tutup dua hari. Hari ini dan besok saja (6-7/7/2020),” tuturnya.

Djati menjelaskan, berdasarkan hasil temuan langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, masih ditemukan pegawai yang tidak mengenakan masker.

Baca juga : Hartopo Akan Tutup Pasar dan Swalayan yang Tidak Taat Protokol Kesehatan

Selain itu, pengunjung yang datang tidak mengenakan masker juga banyak yang dilayani. Tidak menyediakan fasilitas mencuci tangan atau hand sanitizer. Selanjutnya, kursi dan meja pada fasilitas umum yang tepat di depan toko juga disediakan. Sehingga mendatangkan kerumunan dan menghiraukan physical distancing. “Itu sudah diperingatkan langsung secara lisan dua kali oleh Pak Plt Bupati,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini toko modern yang ditutup operasional sementara hanya Alfamart yang berada di Perempatan Panjang saja. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, misalkan terdapat toko lain yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Iya nanti kita koordinasi dengan Dinas Perdagangan. Untuk secara teknis lapangan yang bertindak nanti kami (Satpol PP) ,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

1 KOMENTAR

  1. Sebenarnya di alfamart tersebut sudah lama menyediakan tempat cuci tangan, sudah memasang tulisan wajib memakai masker, dan juga menyediakan hand sanitizer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler