31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Setiap Tahun, 1.500 Bayi di Kudus Dites SHK untuk Deteksi Penyakit Bawaan

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah pintu tertulis Kasi Kesga Gizi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Di ruang tersebut tampak sejumlah perempuan sedang beraktivitas. Satu di antaranya yakni Muslimah (50), Kasi Kesga Gizi di dinas tersebut. Dia menjelaskan, bahwa setiap tahun di Kudus ada 1.500 bayi yang berusia kurang dari tujuh hari dites skrining hipotiroid kongenital (SHK).

Hal tersebut dilakukan, agar balita yang memiliki penyakit bisa segera mendapat penanganan. Saat ini, di Kudus ada sekitar 20 balita yang terkena gizi buruk. Angka tersebut sudah menurun jika dibandingkan tahun 2019, yakni ada 30 balita yang mengalami gizi buruk.

“Balita yang terkena gizi buruk biasanya karena ada penyakit bawaan seperti bibir sumbing, hidrosefalus, cerebral palsy dan down syndrome. Dari hasil SHK, kami pernah menemukan satu anak yang ada penyakit bawaan. Itu pada tahun 2018,” terangnya, kepada betanews.id.

Baca juga : Atasi Gizi Buruk, Rumah Gizi Bintangku Kudus Mulai Buka Hari Ini

Dari hasil tes SHK tahun 2018 itu, seorang balita yang memiliki penyakit bawaan kemudian mendapat penanganan, dan sekarang sudah baik dan tumbuh normal. Menurut Muslimah, jika penyakit bawaan diketahui sejak dini kemungkinan sembuh bisa lebih besar.

“Tes SHK ini dilakukan setiap tahun untuk 1.500 balita di Kudus. Kegiatan ini bekerja sama dengan RSU dr. Hasan Sadikin, Bandung. Biasanya dilakukan pada hari Senin dan Kamis,” ungkapnya, Selasa (2/6/2020).

Dia juga memnambahkan, penyakit bawaan bisa terjadi karena masa hamil. Bisa karena faktor penyakit penyerta ibu, tors, polusi, maupun gizi ibu. Pemeriksaan sebelum hamil juga diperlukan, agar menghindari risiko penyakit pada anak nantinya.

“Jadi lebih baik orang tua periksa dulu sebelum hamil. Bapak atau ibunya aman atau tidak. Punya penyakit seperti kromosom atau tidak. Kalau bisa periksa, untuk menghindari risiko pada orang tua dan anak nantinya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER