31 C
Kudus
Senin, Juli 13, 2020
Beranda Gaya Hidup Menolak Punah, Sepeda...

Menolak Punah, Sepeda Mini Bertransformasi jadi Minion yang Banyak Digemari

BETANEWS.ID, KUDUS – Pagi itu dua sepeda mini usang terlihat teronggok di samping sebuah rumah di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kudus. Di teras rumah terlihat rangka sepeda mini, serta di sampingnya tampak berjajar rapi sepeda unik dengan cat yang mencolok. Sepeda tersebut yakni Sepeda Minion yang merupakan modifikasi sepeda mini usang.

Muhammad Nailul (26) pembuat sepeda minion menuturkan, sepeda minion memang tercipta dari hasil modifikasi sepeda mini. Menurutnya, sebenarnya sepeda mini itu sudah mulai ditinggalkan. Banyak anak – anak sekarang itu lebih suka dengan sepeda lipat dan sepeda gunung dan lain sebagainya.

Sepeda minion kini banyak digemari warga. Foto : Rabu Sipan

“Namun, sepeda mini itu seolah menolak punah. Sebab dari sepeda yang jamak dipakai anak – anak itu sekarang tercipta sepeda minion yang lagi banyak diminati para pecinta gowes,” ujar pria yang akrab disapa Ilul kepada betanews.id, Selasa (23/6/2020).

Baca juga : Berawal dari Iseng, Ilul Modifikasi Sepeda Jadul Minion Bernilai Jual Tinggi

Dia mengatakan, untuk membuat sepeda minion, sepeda mini yang digunakan hanya kerangkanya saja. Kerangka tersebut kemudian direstorasi dipasangi sheat post sedel baru. Tiang plus setang baru, group set baru, garpu serta pedal baru.

“Pelek dan ban juga kami restorasi jadi baru. Tiang setang dan sheat post kami ganti yang lebih tinggi, jadi nyaman digunakan gowes untuk orang dewasa,” jelas Ilul yang menamai bengkelnya Minion Garage.

Selain itu, lanjutnya, agar lebih terlihat menarik, sepeda minion itu dicat dengan warna yang mencolok atau warna sesuai pesanan para pelanggan. Menurutnya, sejak sepeda minion ngehits, harga sepeda mini usang pun ikut melambung. Dulu saat awal – awal bikin itu harga sepeda mini usang di tempat rosok hanya Rp 30 ribu per unit. Sekarang naik jadi Rp 250 ribu per unit.

“Bahkan sekarang spare part untuk membuat sepeda minion itu juga agak langka. Banyak toko – toko sepeda di Kudus itu sering kehabisan,” jelas Ilul yang mengaku membutuhkan waktu lima hari untuk menyelesaikan satu unit sepeda minion.

Dia menuturkan, keunggulan sepeda minion buatannya itu pelanggan bisa pesan sepisifikasi apa pun, spesifikasi biasa atau spare part mahal pun dilayani. Sepeda minion buatan Ilul diklaim hasilnya rapi, dibuat gowes ditanjakan maupun di turunan sangat nyaman.

Baca juga : Bengkel Pak Pwa, Saksi Sejarah Perjalanan Sepeda di Kudus

Wahyu satu di antara pemilik sepeda minion hasil karya Ilul mengatakan, suka sepedan minion karena menarik, bentuknya unik. Sedangkan ia mempercayakan membuat sepeda minion di tempatnya Ilul karena sudah terpercaya, hasilnya bagus.

“Setelah jadi sepeda minion pesanan saya, langsung aku tes drive. Saya buat gowes ke gerbang kota Kudus nyaman, buat gowes nanjak ke Colo juga oke. Hasilnya juga rapi,” jelas Wahyu yang menghabiskan Rp 1,5 juta untuk membuat sepeda minion.

Editor : Kholistiono

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

24,765FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
13,616PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Mobil yang Diduga Digondol Perampok Ada di Tepi Jalan Sejak Pagi

BETANEWS.ID, KUDUS - Satu unit kendaraan Toyota Innova bernomor polisi K-9369-DT menjadi perhatian sejumlah pengendara yang melintas di depan SMPN 1 Jati,...

Pesona Keindahan Alam Bak Raja Ampat, Bukit Puser Angin Diserbu Wisatawan

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu Sabtu (11/7/2020) Bukit Puser Angin Kudus ramai pengunjung. Terlihat para pengunjung ada yang datang menggunakan motor, sepeda...

Berjam-Jam Perampok Satroni Rumah di Jalan Ahmad Yani Kudus, Gondol Rp 2 M

BETANEWS.ID, KUDUS - Kawanan perampok menyatroni rumah milik Lim Cahyo Wibowo yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota...

Gudang Sepeda Milik Fais, Surganya Spare Part Baru dan Bekas di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang datang silih berganti ke gudang onderdil sepeda milik Fais, Selasa (7/7/2020). Mereka terlihat masuk dan kemudian memilah...

Rumah Kemasan Jateng Bikin Tampilan Produk UKM Berkelas Internasional

BETANEWS.ID, SEMARANG – Saat gowes dan melintas di depan gedung yang bertuliskan Rumah Kemasan, di Jl Ki Mangunsarkoro Kota Semarang, Jumat (10/7/2020),...

Jalani Bisnis dari Hobi, Kini Vape Jadi Ladang Rezeki Cukong

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi utara Jalan Gang Veteran Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus tampak bangunan berlantai dua berpintu kaca. Di dalam...

Ganjar Minta Bupati dan Wali Kota Bentuk Gugus Tugas Khusus di Kawasan Industri

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bupati dan wali kota membentuk gugus tugas khusus di kawasan industri. Menurutnya, untuk...