31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Lurah Wergu Kulon, Sang Pencipta Lagu ‘Kota Kudus’

BETANEWS.ID, KUDUS – Herdjini mulai memperlihatkan file-file video aksinya saat menyanyi di beberapa acara. Sambil bercerita, Warga Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu sesekali ikut menyanyikan lagu yang baru diciptakannya untuk Kabupaten Kudus.

Wanita asal Semarang yang akrab disapa Mbak Ninuk itu lantas menceritakan proses menciptakan lagu “Kota Kudus”, hingga dijadikan sebagai pengisi musik untuk sejumlah kegiatan Jogo Tonggo dan kegiatan lain di Kelurahan Wergu Kulon.

“Awalnya bisa dikatakan iseng. Karena saya pribadi memang sering menulis lagu. Dan suami sendiri yang mengolah musiknya. Lalu kami beri video klip dengan foto-foto beberapa kegiatan warga di tengah-tengah pandemi. Seperti kegiatan Jogo Tonggo, waktu mempersiapkan pos-posnya dan kegiatan lain,” papar Herdjini, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: ‘Tak Terhitung’, Lagu Ciptaan Band Tanpa Nada untuk Pejuang Covid-19

Lagu yang ditulis hanya dalam satu malam itu menceritakan tentang Kota Kudus. Oleh karena itu, lagu tersebut cocok dengan foto-foto kegiatan warga Wergu Kulon tersebut. Selain itu, Herdjini berharap bisa mengungkapkan betapa kayanya Kota Kudus melalui lirik. Kekayaan itu tidak hanya terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM), tetapi juga Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah dan indah.

“Ada hal yang bisa diambil dari pandemi ini. Salah satunya adalah melalui Satgas Jogo Tonggo, di mana pada akhirnya, tetangga yang belum kenal menjadi kenal. Lalu yang mampu bisa membantu yang kurang mampu. Juga saya harap bisa menyampaikan kekayaan dan keindahan Kota Kudus ini melalui lirik lagu itu. Tentang sawah yang terbentang seperti permadani, wisata air terjun, sampai Gunung Muria yang indah,” papar dia.

Sambil sesekali meminum wedang kencur, Herdjini mengatakan jika lagu beraliran keroncong itu sekaligus dinyanyikan oleh dirinya. Meskipun diakuinya, ia terhitung masih baru mendalami musik keroncong. Akan tetapi, ia juga mengungkap bahwa sudah mengenal musik sejak kecil.

Baca juga: Kelurahan Wergu Kulon Terapkan Program Si Kaya Bantu Si Miskin

Saat ini, ia aktif bermusik di sela-sela kegiatannya sebagai lurah. Karena bagaimanapun juga, secara tanggung jawab, menjadi lurah mengharuskannya untuk selalu berkegiatan di tengah masyarakat.

“Kalau musik, justru dari kecil saya sudah berada di dunia itu. Istilahnya mengenal musik sejak kecil. Lalu menjadi hobi sampai sekarang. Jadi kalau dunia seni, sudah menjadi bagian hidup sejak dulu. Saya menulis lagu seperti ini biasanya kalau hari libur atau kalau tidak ada agenda lain. Bahkan malah waktu malam hari sebelum tidur juga sering,” tukas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER