31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Kudus Kakek 89 Tahun...

Kakek 89 Tahun Asal Kudus Hanya Bisa Pasrah Tidak Bisa Berangkat Haji Tahun Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Ahmad Sofyan (89) terlihat duduk sendirian di kursi samping rumahnya. Sesekali dirinya berjalan menghampiri jemuran baju yang ditaruh di samping rumah. Dia yakni satu di antara calon jemaah haji asal Kudus yang gagal berangkat tahun ini.

Saat ditemui betanews.id di rumahnya di Desa Demangan RT 04, RW 03, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Sofyan mengaku kecewa dengan keputusan tidak diselenggarakannya ibadah haji tahun ini. Namun, dirinya hanya pasrah. Menurutnya, keputusan tersebut adalah keputusan terbaik.

Kakek dengan delapan anak tersebut menuturkan, dirinya mengetahui tidak diselenggarakannya ibadah haji dari anaknya. Selain itu, informasi tersebut juga diberikan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Annur tempatnya mendaftar.

“Iya saya tahu. Gagal ada virus (Covid-19) ,” tuturnya yang harus berulang-ulang saat diberikan pertanyaan, Rabu (03/6/2020).

Baca juga : Biro Umrah Terancam Merugi Miliaran Rupiah Akibat Kebijakan Kerajaan Arab Saudi

Sofyan menceritakan, dirinya mendaftar haji secara reguler tahun 2015. Karena sudah lanjut usia, dirinya mengaku mendapatkan jalur khusus dan bisa berangkat tahun 2020. Namun keinginannya untuk beribadah di usia senja harus tertunda tahun ini.

“Pendaftaran yang mengatur anak semua. Saya ikut anak,” tuturnya.

Menurutnya, dari Desa Demangan, jumlah calon jemaah haji yang akan berangkat yakni lima orang. Apakah ada yang usianya sama dengannya, Sofyan mengaku kurang mengetahuinya.

“Saya berangkat sendiri. Anak juga daftar haji namun nanti berangkatnya,” tambah lelaki yang pernah berdagang kain di Pasar Kliwon.
Sofyan juga menceritakan, selain merencanakan beribadah haji tahun ini. Dia juga mengaku sudah mendaftar ibadah umrah bersama 70 orang pendaftar lainnya.

“Kemarin saya sudah diminta membuat paspor dan visa. Penyelanggaranya dari Singapura. Namun sampai sekarang tidak ada kabar lagi. Saya belum keluar uang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kudus Su’udi menuturkan, pembatalan penyelenggaraan haji tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020.

Menurutnya, alasan utama pembatalan haji dikarenakan hingga tanggal 1 Juni 2020 Pemerintah Arab Saudi tidak memberitahukan tentang kepastian penyelenggaraan ibadah haji. Akhirnya, tanggal 2 Juni 2020, Menteri Agama memutuskan untuk membatalkan ibadah haji.

Baca juga : Ganjar Minta Calon Jemaah Umrah yang Gagal Berangkat Akibat Kebijakan Arab Saudi Tidak Dipungut Biaya Tambahan

“Karena harus mengurus visa dan kebutuhan lainnya seperti hotel. Waktunya tidak cukup. Ini juga sedang ada pandemi. Pasti ada protokol khusus,” tuturnya.

Menurut Mas’ud, di Kabupaten Kudus terdapat 1.033 jemaah yang gagal berangkat. Pihaknya mengaku belum memberikan surat resmi kepada para jemaah. Dirinya masih menunggu petunjuk teknis dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah (Kanwil Kemenag Jateng).

“Kalau Kanwil Kemenag Jateng tidak memberitahukan. Kantor Kemenag Kudus akan menindaklanjuti dengan dasar Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 mengenai Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 Hijriah,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...