31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPemkab Kudus Gelontorkan...

Pemkab Kudus Gelontorkan Rp 48 Miliar untuk Hadapi Corona

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menggelontorkan dana sebesar Rp 48 miliar untuk menghadapi pandemi Covid-19. Anggaran ini difokuskan pada penanganan kesehatan sebesar Rp 16,5 miliar, dampak ekonomi Rp 5,5 miliar, dan penyediaan jaring pengaman sosial Rp 26 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono menjelaskan, dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Rinciannya, alokasi penanganan kesehatan 16,5 miliar diambilkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp 15,3 miliar dan pengalihan dana kegiatan di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebanyak Rp 1,2 miliar.

Kepala DPPKAD Kabupaten Kudus Eko Djumartono saat ditemui di ruangannya, Rabu, (8/4/2020).

Sedangkan untuk penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial, bersumber dari dana tidak terduga dalam APBD tahun 2020.

- Ads Banner -

“Ada pergeseran anggaran di tiga OPD untuk tambahan penanganan Corona. Yakni dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar),” beber Eko saat ditemui di ruangannya, Rabu, (8/4/2020).

Baca juga: Pemegang Kartu Prakerja Bisa Dapat Rp 3,5 Juta, Ganjar: ‘Yang Kena PHK Buruan Daftar!’

Untuk anggaran penanganan dampak ekonomi, lanjut Eko, dana tersebut akan difokuskan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kretek. Sedangkan dana jaring pengaman sosial akan diberikan ke tukang ojek dan pedagang kaki lima (PKL) yang terkena imbas Virus Corona.

“Untuk teknis nanti yang akan mengatur dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kudus dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB),” jelasnya.

Di tempat terpisah, Plt Bupati Kudus HM Hartopo memberi syarat bagi UMKM yang akan mendapatkan bantuan. Kriterianya adalah usaha masih jalan, tapi mempunyai pinjaman, atau tidak mempunyai pinjaman, tapi usahanya berhenti karena adanya Virus Corona.

Baca juga: Ketersediaan Logistik di Kudus Dipastikan Aman

Kemudian untuk jaring pengaman sosial, akan disalurkan kepada 48 ribu keluarga yang terkena imbas Covid-19. Anggaran tersebut bisa digunakan untuk tiga bulan.

“Kita perlu validasi data. Ini masih sinkronisasi dulu dengan Dinsos dan Disnaker (Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kudus),” tukas Hartopo.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler