31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Kudus Kini Punya Tujuh Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menambah lima rumah sakit rujukan untuk menangani pasien Covid-19. Dengan tambahan itu, sudah ada tujuh rumah sakit yang siap menerima pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien positif Virus Corona.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kudus dr Andini Aridewi menyampaikan, lima rumah sakit yang dimaksud yakni RSI Sunan Kudus, RS Kumala Siwi, RS Aisyiah, RS Nurus Syifa dan RS Kartika Husada.

Ruang isolasi yang disiapkan di RSUD dr Loekmono Hadi. Foto: Imam Arwindra.

“Sebelumnya sudah ada RSUD dr Loekmono Hadi dan Rumah Sakit Mardi Rahayu. Jadi Kudus ada tujuh rumah sakit yang bisa menjadi rujukan,” jelasnya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Kamis (16/4/2020).

-Advertisement-

Dengan tambahan ini, berarti ada 69 kamar isolasi yang disiapkan untuk menangani pasien. Rinciannya, RSUD dr Loekmono Hadi 38 kamar, RS Mardi Rahayu 14 kamar, RSI Sunan Kudus 5 kamar, RS Kumala Siwi 5 kamar, RS Aisyiah 3 kamar, RS Nurus Syifa 3 kamar dan RS Kartika Husada 1 kamar.

Baca juga: Pemkab Kudus Libatkan Lima Perguruan Tinggi untuk Bantu Tangani ODP

“Kudus menambah 17 kamar isolasi, sehingga jumlah total ruang yang tersedia sebanyak 69 kamar di tujuh rumah sakit,” beber Andini.

Andini menambahkan, data hingga Kamis 16 April 2020 pukul 15.00 WIB, tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Kretek. Sehingga, jumlah total pasien positif masih tetap delapan pasien, yaitu empat pasien masih dirawat, dua pasien meninggal dan dua pasien dinyatakan sembuh.

Baca juga: Bertambah Lagi, Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Kudus Dirawat di Semarang

“Sebelumnya ada satu pasien sembuh yaitu warga Pati. Ini ada lagi satu sembuh yang merupakan warga Jekulo, Kudus. Kemarin (Selasa, 15/4/2020) sudah pulang,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk PDP di Kudus tercatat 84 orang. 50 orang dari dalam wilayah dan 34 orang dari luar wilayah.

Baca juga: 52 ODP yang Dikarantina Tidak Tunjukkan Gejala Covid-19, Satu Sakit

Dari 50 PDP dalam wilayah, 17 orang masih dirawat, satu PDP dirujuk, 21 PDP pulang karena sehat, dan 11 PDP meninggal.

“Sedangkan 34 PDP dari luar wilayah, 16 PDP dirawat, satu PDP dirujuk, 12 PDP pulang sehat dan lima PDP meninggal,” tutup Andini.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER