31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Budaya Wujudkan Toleransi Antarumat...

Wujudkan Toleransi Antarumat Beragama, Jemaat Gereja Katolik Ikuti Kirab Banyu Penguripan

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa perempuan mengenakan batik tampak berswafoto dekat miniatur Menara Kudus. Setelah berswafoto mereka tampak mengambil bibit pohon di atas becak yang terparkir di pojo Alun – alun Kudus. Terlihat perempuan tersebut membagikan pohon tersebut kepada rekannya. Mereka adalah Jemaat Gereja Katolik Kudus yang ikut berpartisipasi dalam acara Kirab Banyu Penguripan, Rabu (11/3/2020).

Arip Gunawan, Koordinator Jemaat Gereja Katolik Kudus menuturkan, keikutsertaan dirinya dan jemaat Gereja Katolik lainnya tidak hanya berpartisipasi saja. Melainkan juga sebagai wujud toleransi antarumat beragama. Agar bersama mengangkat budaya Kota Kudus agar semakin maju.

Jemaat Gereja Katolik ikut berpartisipasi dalam Kirab Banyu Penguripan. Foto : Rabu Sipan

“Kami berharap dengan ikut serta dalam perayaan Kirab Banyu Penguripan toleransi umat beragama bisa selalu terjaga. Hidup rukun, berdampingan dan maju bersama,” ungkap Arip Gunawan kepada betanews.id.

Dia menuturkan, dalam Kirab Banyu Penguripan, dirinya beserta rekannya membawa bibit pohon. Rencanya bibit pohon tersebut akan ditanam agar Kota Kretek tidak kehabisan air.

Baca juga : Berharap Berkah, Warga Berebut Air di Kirab Banyu Penguripan Kudus

“Ini temanya kan Kirab Banyu Penguripan. Keberadaan air itu sangat bergantung sama pohon. Karena kami 20 orang, maka kami pun membawa 20 bibit pohon. Dengan menanam pohon, air di Kudus akan selalu terjaga keberadaannya,” ungkapnya.

KH EM Nadjib Hasan, Ketua Yayasan Masjid Menara dan Makan Sunan Kudus (YM3SK) mengungkapkan, Kirab Banyu Penguripan merupakan bagian serangkaian acara peringatan Ta’sis Masjid Al – Aqsa Kudus. Menurutnya, pada tahun ini merupakan peringatan yang ke-485.

Dia menambahkan, mengajak semua masayarakat Kudus untuk menengok ke belakang. Bahwa Sunan Kudus membangun menara sebagai simbol kearifan menuju kedamaian.

“Oleh karena itu, tahun ini dalam Perayaan Ta’sis Masjid Al – Aqsa Menara Kudus mengangkat tema, Menara: Kearifan untuk Kedamaian,” ujarnya.

Kirab Banyu Penguripan ini sendiri, menyatukan air keramat dari 53 belik. Ke 53 air keramat belik dari berbagai desa di Kudus diiring dan disatukan dengan banyu penguripan dari sumur Sunan Kudus.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

24,660FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
13,616PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...