31 C
Kudus
Rabu, April 1, 2020
Beranda Wisata Taman Nasional Karimunjawa...

Taman Nasional Karimunjawa Ditutup untuk Wisata, Ekspedisi dan Penelitian

BETANEWS.ID, SEMARANG – Setelah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menutup 55 destinasi wisata di 11 kabupaten/kota, hari ini (17/3/2020) Taman Nasional Karimunjawa di Jepara resmi ditutup sementara. Penutupan yang mulai berlaku hari ini dilakukan untuk mencegah dan antisipasi menyebaran virus Corona.

Plt Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa Darmanto menyatakan, pihaknya telah menerbitkan surat penutupan Taman Nasional Karimunjawa. Surat tentang kewaspadaan dan pencegahan terhadap risiko penyebaran virus Corona itu telah diterbitkan hari ini.

Baca juga: MUI Jateng: Salat Jumat Tetap Boleh di Masjid, Pengajian Disetop

“Pengumuman ini menindaklanjuti surat dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah yang terbit sehari sebelumnya,” ujar Darmanto.

Dia menjelaskan, penutupan kawasan Taman Nasional Karimunjawa meliputi seluruh obyek wisata untuk aktivitas pariwisata. Selain itu, pihaknya juga menunda dan membatasi kegiatan penelitian, pendidikan, ekspedisi dan lainnya di kawasan tersebut.

Baca juga: Akibat Corona, Ganjar: ‘Seluruh Sekolah di Jateng Mulai Senin Diliburkan!’

“Penundaan dan pembatasan aktivitas penelitian dan lain sebagainya itu untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona karena melibatkan dan kontak langsung dengan banyak orang,” katanya.

Dia menambahkan, penutupan Kawasan Nasional Karimunjawa berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan. Pihaknya akan mengevaluasi lebih lanjut penutupan ini dengan melihat perkembangan penyebaran virus Corona.

Baca juga: Mulai Hari Ini Ganjar Minta Kegiatan Car Free Day di Seluruh Jateng Disetop

“Kami membuka layanan informasi dan call center Balai Taman Nasional Karimunjawa di nomor 08112799111. Bagi yang ingin meminta informasi bisa SMS atau telepon,” tutur Darmanto.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Jateng telah menutup 55 destinasi wisata di 11 kabupaten/kota. Perintah tersebut diterbitkan melalui surat Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Nomor: 556/908 pada 16 Maret 2020.

Baca juga: Usai ‘Liburkan’ Sekolah, Ganjar Tutup 55 Tempat Wisata di 11 Kabupaten

Lokasi wisata yang ditutup tersebar di 11 kabupaten dan kota di Jateng, di antaranya Kota Surakarta, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Kota dan Kabupaten Semarang. Ada juga destinasi di Kabupaten Magelang, Klaten dan Kabupaten Banyumas.

Sejak merebaknya isu Corona, kunjungan wisatawan di Jateng terus menurun. Untuk wisatawan lokal penurunan kunjungan menurun hingga 72,49 perseb. Sedangkan kunjungan dari turis asing menurun hingga 88,46 persen.

Editor: Suwoko

Tinggalkan Balasan

20,599FansSuka
13,415PengikutMengikuti
4,309PengikutMengikuti
10,120PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

1,8 Juta Warga Jateng Akan Terima BLT, Anggaran Rp 1,4 T Sudah Disiapkan

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk menanggulangi kasus penyebaran virus corona. Dana tersebut akan...

Polisi Kudus Datang, Kerumunan Muda-Mudi Tunggang-Langgang

BETANEWS.ID, KUDUS - Suara sirine dari mobil polisi memecah suasana malam di sekitar GOR Bung Karno Kudus, Sabtu (28/3/2020) malam. Dari pengeras...

Produksi Dupa di Kudus Terdampak Corona

BETANEWS. ID, KUDUS - Aroma dupa tercium di sebuah ruangan berukuran 4,5 x 3 meter di Desa Loram Kulon, RT 01 RW...

Peduli Pencegahan Corona, Pemdes Jepang Adakan Penyemprotan Disinfektan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah mobil pick up terlihat melintas di sebuah jalan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Terdengar suara dari...

Jokowi ke Gubernur: Tirulah Jateng, Anggarkan Warga Terdampak Corona!

BETANEWS.ID, SEMARANG - Presiden Jako Widodo memerintahkan semua kepala daerah untuk meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi kasus dan dampak...

Perangi Covid-19, Rumah Warga Ketitang Wetang Kembali Disemprot Disinfektan

BETANEWS.ID, PATI -Wabah Covid-19 kian membuat warga berbondong-bondong mencari langkah-langkah pencegahan awal. Tak terkecuali warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati...

Sembilan Jurnalis Pati yang Kontak dengan Mbah Roso Dinyatakan Negatif Covid-19

BETANEWS.ID, PATI – Sembilan wartawan di Kabupaten Pati telah menjalani rapid test, yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati di halaman Stadion...