31 C
Kudus
Rabu, April 1, 2020
Beranda Kudus Hartopo Tutup Tempat...

Hartopo Tutup Tempat Wisata dan Ziarah di Kudus, Dandangan Ditiadakan

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus menyatakan menutup seluruh tempat wisata di Kudus untuk sementara waktu. Kebijakan tersebut juga berlaku untuk tempat-tempat ziarah yang ada di Kota Kretek.

Plt Bupati Kudus Hartopo menyatakan, kebijakan tersebut ditempuh sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Kretek. Dia meminta agar masyarakat Kudus selalu waspada dan menjaga kesehatan.

“Jika terlanjur ada peziarah dari luar kota yang datang, kami imbau agar menerapkan soscial distancing. Kami juga meminta pengelola tempat ziarah agar menyediakan hand sanitizer,” ujar ujar Hartopo melalui akun Facebook miliknya petang ini (23/3/2020).

Baca juga: Pasukan Anti Corona Boys SMK Duta Karya Adakan Penyemprotan Disinfektan Gratis

Hartopo juga mingimbau agar para peziarah dari luar daerah agar mengurungkan niatnya untuk berziarah ke Kudus. Mereka diminta untuk mempertimbangkan kembali niatnya untuk datang berziarah ke Kudus.

Selain kebijakan tersebut, Hartopo menyatakan meniadakan tradisi Dandangan tahun ini. Menurutnya, kebijakan tersebut sudah melalui banyak pertimbangan. Alasan ditiadakannya tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun di Kudus tersebut, karena pengunjung dan pedagang datang dari luar Kudus.

Baca juga: Virus Corona Merebak, PO Haryanto Kandangkan Armada

“Dandangan ini berpotensi menimbulkan kerumunan dan keramaian. Kami memutuskan kebijakan ini melalui banyak pertimbangan,” ujarnya.

Siap Menerima Kepulangan Warga dari Jabodetabek

Dalam kebijakan yang diumumkan hari ini, Hartopo juga menyatakan siap menerima kepulangan warganya yang bekerja dari daerah terkena wabah Covid-19. Termasuk warga Kudus yang bekerja di wilayah Jabodetabek, akan tetap diizinkan masuk ke Kudus namun harus melalui beberapa prosedur.

Setibanya di Kudus, katanya, mereka diharuskan untuk melalui protokol kesehatan. Itu di antaranya mereka harus mau ditempatkan di lokasi transit dan melalui pemeriksaan suhu tubuh.

Baca juga: Fasilitas Cuci Tangan Ditempatkan di Alun-alun Kudus

“Selain itu, bus yang mereka tumpangi akan disemprot menggunakan cairan disinfektan,” ujar Hartopo.

Upaya pencegahan penyebaran virus Corona ini, kata Hartopo, tetap akan terus dilakukan. Selain menerapkan protokol kesehatan, pihanya juga menyiapkan Tim Gugus Tugas Pengendalilan dan pencegahan Covid-19.

Dia menambahkan, untuk tenaga medis dan para pejuang kesehatan akan diberikan apresiasi yang tinggi. Dinas Kesehatan Kudus akan berupaya menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) yang layak.

“Kami juga meminta seluruh rumah sakit di Kudus untuk menyiapkan ruang isolasi. Mari kita berdoa agar pandemi Corona ini segera berlalu,” tuturnya.

Editor: Suwoko

Tinggalkan Balasan

20,599FansSuka
13,415PengikutMengikuti
4,309PengikutMengikuti
10,120PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

1,8 Juta Warga Jateng Akan Terima BLT, Anggaran Rp 1,4 T Sudah Disiapkan

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk menanggulangi kasus penyebaran virus corona. Dana tersebut akan...

Polisi Kudus Datang, Kerumunan Muda-Mudi Tunggang-Langgang

BETANEWS.ID, KUDUS - Suara sirine dari mobil polisi memecah suasana malam di sekitar GOR Bung Karno Kudus, Sabtu (28/3/2020) malam. Dari pengeras...

Produksi Dupa di Kudus Terdampak Corona

BETANEWS. ID, KUDUS - Aroma dupa tercium di sebuah ruangan berukuran 4,5 x 3 meter di Desa Loram Kulon, RT 01 RW...

Peduli Pencegahan Corona, Pemdes Jepang Adakan Penyemprotan Disinfektan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah mobil pick up terlihat melintas di sebuah jalan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Terdengar suara dari...

Jokowi ke Gubernur: Tirulah Jateng, Anggarkan Warga Terdampak Corona!

BETANEWS.ID, SEMARANG - Presiden Jako Widodo memerintahkan semua kepala daerah untuk meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi kasus dan dampak...

Perangi Covid-19, Rumah Warga Ketitang Wetang Kembali Disemprot Disinfektan

BETANEWS.ID, PATI -Wabah Covid-19 kian membuat warga berbondong-bondong mencari langkah-langkah pencegahan awal. Tak terkecuali warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati...

Sembilan Jurnalis Pati yang Kontak dengan Mbah Roso Dinyatakan Negatif Covid-19

BETANEWS.ID, PATI – Sembilan wartawan di Kabupaten Pati telah menjalani rapid test, yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati di halaman Stadion...