31 C
Kudus
Sabtu, November 9, 2024
spot_img
spot_img

Survei REQComm: Popularitas Sam’ani-Bellinda Unggul di Medsos

BETANEWS.ID, KUDUS – Popularitas Sam’ani-Bellinda mengungguli Hartopo-Wahib di media sosial (medsos) dan media online dalam survei rilisan Lembaga Survei REQComm. Survei tersebut berdasarkan analisa dalam rentang waktu 1 Juli 2024 hingga 1 Oktober 2024.

Konsultan Komunikasi REQComm, Mulyono, mengatakan, perhatian masyarakat Kudus terhadap calon pemimpinnya di medsos cukup tinggi. Menurutnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 01 disebut dalam berbincangan medsos sebanyak 902 kali, sementara paslon 02 sebanyak 443 kali.

“X (Twitter), TikTok, dan Instagram masih mendominasi medsos. Berdasarkan riset (pada) akun-akun organik, mayoritas pendukung Sam’ani-Bellinda cenderung lebih aktif mengonsumsi konten media sosial,” kata Mulyono melalui siaran tertulisnya kepada Betanews.id, Jumat (11/10/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Tim Hukum Paslon 02 Laporkan Baliho ‘Mbak-Mbak Cantik’ di Alun-Alun Kudus

Selain menjadi rujukan dalam mencari informasi, menurut Mulyono, media sosial juga bisa memengaruhi pilihan masyarakat. Bahkan secara umum, sepertiga dari masyarakat mengaku dapat informasi sosok peserta Pilkada Kudus melalui medsos.

“Dan hasilnya informasi dari medsos itu bisa menjadi rujukan dalam menentukan pilihan, bahkan mengubah pilihan mereka untuk Pilkada Kudus 2024,” ujar Mulyono.

Mulyono melanjutkan, perhatian masyarakat terhadap paslon Sam’ani-Bellinda juga cukup tinggi di media online dengan eksposur mencapai 539 berita. Jumlah tersebut lebih unggul dari Hartopo-Wahib dengan 462 berita.

Selain itu, lanjutnya, Sam’ani-Bellinda juga minim disebut dalam pemberitaan negatif. Berdasarkan analisa engagement (tanggapan publik), mereka menerima 9.534 respon. Sementara Hartopo-Wahib, hanya menerima 2.501 respon.

Baca juga: Sam’ani Dilaporkan ke Bawaslu Kudus, Tim Hukum Paslon 01 Angkat Suara

“Sam’ani-Bellinda dominan menerima sentimen baik, dengan total positif medsos 76,13 persen dan media online 46,0 persen. Adapun Hartopo-Mawahib menerima total positif medsos 39,47 persen dan media online 40,9 persen,” sebutnya.

Sedangkan untuk pemberitaan atau konten negatif, kata dia, paslon Hartopo-Mawahib lebih unggul dibanding Sam’ani-Bellinda, yakni 30,53 persen berbading 2,88 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
146,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER