31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Mengkudu Ternyata Bisa Dijadikan Sajian Kopi yang Punya Banyak Manfaat

BETANEWS.ID, JEPARA – Buah mengkudu atau sering juga dikenal sebagai pace seringkali diabaikan oleh masyarakat. Teksturnya yang lembek dan aromanya yang begitu menyengat membuat sebagian orang tidak menyukai buah tersebut.

Tetapi tidak bagi Malikhatin (52), Warga Desa Sekuro, RT3/RW1, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Ditangannya, buah mengkudu ia jadikan sebagai serbuk kopi yang memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: Sostel Mini Depan SMP 1 Jati Laris Manis, Sehari Laku 200 Tusuk

-Advertisement-

Ia mengatakan buah mengkudu segar sebenarnya memang sudah memiliki beragam manfaat. Seperti untuk mengobati asam lambung hingga penyakit kuning atau hipertensi.

“Tapi karena sudah melalui proses pengolahan, kopi mengkudu kurang cocok kalau buat asam lambung. Dia bagus untuk penderita yang mengalami diabetes, asam urat, kolesterol, darah tinggi, itu bisa,” katanya pada Sabtu (8/6/2024) saat ditemui di kediamannya.

Untuk membuat Kopi Mengkudu, buah mengkudu segar yang masih keras akan ia potong menjadi bentuk yang lebih halus. Tetapi jika sudah matang dan dagingnya berubah lembek, maka ia hanya perlu memisahkan daging buah dan bijinya.

Biji yang sudah dicuci bersih kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu biji disangrai diatas wajan tanah hingga warnanya berubah menjadi hitam. Biji kemudian diblender hingga halus, menyerupai serbuk kopi.

“Dulu pas awal-awal bikin itu ya ngga langsung jadi. Pernah mengkudu yang sudah saya pisahkan biji dan dagingnya, malah membusuk. Akhirnya saya buang, disitu kemudian saya mulai berfikir untuk mencoba cara lain seperti yang sekarang,” ungkapnya.

Satu bungkus kopi mengkudu dengan ukuran 100 gram, ia jual dengan harga Rp 60 ribu. Ia juga melayani pesanan dengan ukuran lain.

Indah Nur Falasyifha (23), salah satu pelanggan yang mencoba kopi mengkudu bercerita bahwa meskipun terbuat dari buah mengkudu, kopi tersebut sama sekali tidak memiliki aroma tajam khas buah mengkudu.

Baca Juga: Almuna, Pusatnya Perlengkapan dan Oleh-oleh Haji di Pati

Selain itu, rasa dari kopi tersebut menurutnya juga sangat segar. Serta tidak menimbulkan bekas bubuk kopi didalam mulut pada saat diminum.

“Seger sih rasanya, kalau kopi biasa kadang kan ampasnya kayak ketelen juga gitu kan. Kalau ini nggak, ngga ada ampas-ampasnya, jadi seger sih,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER