31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Malas dan Ndablek, Belasan Napi Narkoba di Lapas Pati Dipindah ke Purwokerto

BETANEWS.ID, PATI – Belasan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati dengan kasus narkoba, dipindahkan Lapas Kelas II A Purwokerto. Hal ini dilakukan, sebagai upaya mengantisipasi dan meminimalkan adanya indikasi peredaran narkoba.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas II B Pati Mu’alim mengatakan, belasan warga binaan kasus narkoba yang dipindahkan itu, rata-rata masa hukumannya di atas 5 tahun.

Baca Juga: Kekeringan di Pati Meluas, Relawan Dropping Air hingga Malam

-Advertisement-

“Napi narkoba yang kita pindahkan ini sudah sesuai usulan dan permohonan dari Lapas 2A Purwokerto,” ujar Mu’alim, Kamis (4/7/2024).

Menurutnya, belasan warga yang dipindahkan itu, dinilai bermasalah. Yakni, selama ditahan di Lapas Pati, tidak pernah mengikuti kegiatan.

“Mereka ini banyak di kamar, malas, dan selama pembinaan di Lapas Pati tidak pernah mengikuti. Mereka ini ndablek, tidak pernah ikut kegiatan di LP, selalu di kamar, serta suka malas-malasan,” imbuhnya.

Dirinya menjelaskan, pihak lapas tidak begitu saja memindahkan warga binaan dengan kasus narkoba. Dengan catatan, mereka berkelakuan baik dan selalu ikut kegiatan.

Meskipun katanya, para warga binaan kasus narkoba tersebut menjalani masa hukuman di atas 5 tahun. Namun, kalau selalu berkelakuan baik dan ikut pembinaan, maka akan dipertahankan.

“Bulan kemarin kita pindahkan 6 Napi narkoba bermasalah ke Nusakambangan. Hari ini ada 18 orang yang kita pindahkan ke Lapas II A Purwokerto,” debutnya.

Baca Juga: Wartoyo, Bakal Calon Bupati Pati Mulai Intensif Komunikasi dengan Muh Zen

Saat ini, untuk warga binaan dengan kasus narkoba yang masih mendekam di Lapas kelas II B Pati masih tersisa 85 orang, dari 394 orang.

“Untuk pemindahan napi narkoba lagi, kita menunggu surat permohonan. Karena memang napi narkoba ini pengawasannya harus lebih ketat. Jangan sampai ada pengontrolan dan pengendalian di dalam Lapas,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER