31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Bazar Istimewa, Wadah Penyemangat Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Pati

BETANEWS.ID, PATI – Puluhan ibu-ibu tampak menjajakan produk kerajinan hingga olahan makanan di lapak yang berada sepanjang jalan di RT 5 RW 3 Desa Trangkil, Kecamatan Trangkil, Pati yang bertajuk Bazar Istimewa.

Ibu-ibu yang menjajakan produk mereka di Bazar Istimewa tersebut, merupakan orang tua dari anak-anak istimewa atau anak-anak berkebutuhan khusus yang bernaung di komunitas Griya Harapan.

Baca Juga: Malas dan Ndablek, Belasan Napi Narkoba di Lapas Pati Dipindah ke Purwokerto

-Advertisement-

Jasmudi, Ketua Panitia Bazar Istimewa menyampaikan, kegiatan yang digelar selama tiga hari, yakni 5-7 Juli 2024 itu diharapkan bisa menjadi salah satu wadah bagi orang tua untuk menjual produk-produk hasil karya orang tua maupun anak berkebutuhan khusus.

“Bazar ini kami gerakkan untuk menyemangati ibu-ibu, terutama orang tua anak istimewa, supaya mereka yang mempunyai produk rumah tangga bisa terjual. Supaya bisa membantu ekonomi mereka,” ujar Jasmudi, Jumat (5/7/2024).

Sebab menurutnya, di samping orang tua anak istimewa tersebut harus mengampu dan membimbing anak- anaknya dalam bersekolah, belajar dan banyak hal, juga banyak hal yang dikorbankan untuk mengikuti kegiatan anak mereka.

Dengan kondisi itu, menurutnya orang tua harus punya satu kegiatan, yaitu UMKM. Sehinga nantinya bisa untuk menunjang ekonomi keluarga.

“Karena kami yakin, anak-anak istimewa ini, kami menganggapnya bukan keterbatasan. Karena semua punya keterbatasan, baik yang umum, yang normal, semua punya keterbatasan, tapi belum tentu punya keistimewaan,” ungkapnya.

Melalui bazar itu pula, pihaknya ingin mengajarkan kepada anak-anak istimewa yang sudah besar. Yakni, bagaimana cara berkomunikasi dengan banyak orang, bagaiamana cara berniaga dan bagaimana mereka berwirausaha sebagaimana layaknya orang hidup.

“Sehingga mereka tidak dianggap tidak bisa apa- apa, tapi mereka bisa berkarya, bisa mandiri. Mereka juga bisa seperti layaknya kita, layaknya orang hidup. Bisa mencari nafkah, bisa sukses seperti kita,” imbuhnya.

Ia nerharap, melalui kegiatan seperti ini, dapat membangun mental anak-anak istimewa, supaya mereka tidak menganggap punya keterbatasan, tapi punya keistimewaan.

“Ibu-ibu yang punya anak istimewa juga tetap semngat, ridho, senang, tetap bisa berkarya dan bisa berusaha dengan produk rumah tangga,” ucapnya.

Ia menyebut, Bazar Istimewa ini diikuti orang tua dari Komunitas Griya Harapan dari berbagai wilayah di Pati. Yakni dari Trangkil, Rayu, Winong dan Pati Kota.

Baca Juga: BPBD Pati Sebut Baru 1 Desa yang Ajukan Permintaan Bantuan Air

Sementara itu, Ningsih, salah satu orang tua anak berkebutuhan khusus yang ikut dalam kegiatan bazar itu menyebut, bahwa bazar tersebut sangat membantu.

“Ya sangat membantu anak-anak belajar, membantu orang tua untuk berwirausaha, ” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER