31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Zainur Bawa Serundeng untuk Tambah Nafsu Makan saat Ibadah Haji

BETANEWS.ID, KUDUS – Ribuan jemaah calon haji asal Kabupaten Kudus telah diberangkatkan secara bertahap, dimulai sejak Rabu (29/5/2024). Upacara pelepasan pemberangkatan jemaah asal Kudus tersebut berlangsung di Pendopo Kantor Bupati Kudus. Wajah-wajah semringah terpancar setelah penantian mereka selama bertahun-tahun lamanya bisa terwujud pada tahun ini.

Bahagianya para jemaah tersebut juga dirasakan oleh M Zainur Rohman. Jemaah calon haji beralamat Desa Undaan Lor RT 8 RW 5, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu, mendapat jadwal berangkat tahun ini selama mendaftar sejak tahun 2012 lalu. Penantiannya yang bertahun-tahun itu membuat ia merasa bersyukur bisa memenuhi panggilan dan mampu melaksanakan rukun Islam yang ke lima.

Baca Juga: Revlisianto Subekti Nahkodai PMI Kudus Periode 2024-2029, Ini Pesan Pj Bupati

-Advertisement-

Zainur bercerita jika dia membawa beberapa bekal khusus untuk kebutuhannya di tanah suci bersama sang istri. Ia membawa bekal campuran makanan khas Indonesia, yakni serundeng.

“Iya ini membawa beberapa bekal makanan untuk dimakan di sana. Itu ada serundeng, pecel, dan biskuit. Karena kita kan gak tahu apakah makanan di sana cocok dengan lidah saya,” bebernya, Rabu (29/5/2024).

Ia menuturkan, alasannya membawa bekal serundeng dan beberapa makanan lainnya, karena menurutnya masakan di sana tidak sama dengan masakan Indonesia. Sehingga misalkan dirasa kurang enak, dia bisa menambahkan serundeng tersebut. Hal itu juga dipercaya bisa menambah nafsu makan.

“Serundeng ini tidak membuat sendiri, hanya saja pesan dari tetangga. Ini juga membawa banyak dan disiapkan istri saya,” tuturnya.

Calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 68 tersebut sangat bersyukur bisa berangkat haji tahun 2024 itu, daftar sejak 11 April 2012 dengan ikut dana talangan. Persiapan sebelum berangkat mulai kesehatan hingga bekal pun telah disiapkan.

“Sangat bersyukur dan gembiralah, karena yang ditunggu sudah sampai. Alhamdulillah dalam kondisi untuk pelunasan juga saya anggap sudah ada persiapan. Karena kemarin 2023 banyak yang mundur karena kenaikan ONH. Jadi tahun ini lebih persiapan dengan dibandingkan tahun kemarin,” ungkapnya.

Jemaah lain, Iskan seorang kuli angkut juga merasa bersyukur bisa beribadah haji ke tanah suci. Pihaknya juga membawa bekal seperti beras, bawang, garam dan lain sebagainya untuk dibuat masak di sana.

“Alhamdulillah ini gak pernah saya sangka, atas ijinnya saya bisa berangkat tahun ini. Perasaan sangat gembira sekali tidak ada bandingannya lah, karena seindah ini,” tuturnya dengan rasa haru.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Kudus-Purwodadi Akan Dilaksanakan Awal Juli

Iskan pun menyampaikan, bahwa untuk menggapai sebuah angan-angan diperlukan kerja keras, tekad, hingga doa yang tulus, sehingga semuanya bisa terkabulkan. Hal itu dibuktikan dengan perjuangannya sebagai seorang kuli angkut, namun bisa berangkat haji.

“Kalau pesan agar selalu berdoa dan semoga apa yang diangan-angankan semoga menjadi terkabul, seperti saya. Alhamdulillah kuli panggul saja bisa naik haji, semoga saja bisa nular untuk semuanya,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER