31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Update Kondisi Calhaj Kudus di Tanah Suci: “Masih Komplit”

BETANEWS.ID, KUDUS – Kabar gembira datang dari tanah suci menjelang berakhirnya prosesi ibadah haji, 1.395 jemaah calon haji (calhaj) Kudus semuanya baik kondisinya.

Kepala Kantor Kemenag Kudus, Suhadi mengatakan jemaah asal Kabupaten Kudus dalam kondisi yang bagus.

Baca Juga: Kapolres Kudus Tiba-Tiba Razia Judol di Ponsel Anggota Polisi, Ini Hasilnya

-Advertisement-

“Mudah-mudahan semua jemaah utuh dan bisa pulang kembali dengan selamat,” bebernya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (18/6/2024).

Suhadi tak memungkiri, bahwa calhaj yang menjalani ibadah haji dengan cuaca ekstrem seperti ini, ada jemaah yang memang butuh perawatan. Sakit berupa batuk, pilek, menurutnya, hal yang wajar. Namun tidak sampai meninggal dunia.

Ia menjelaskan, bahwa awal-awal pemberangkatan calhaj Kudus, sempat ada satu orang yang tidak memenuhi syarat akibat masalah kesehatan, namun jemaah tersebut bisa diberangkatkan gabung bersama rombongan Kabupaten Pati. Sehingga saat ini menurutnya, total jemaah masih komplit.

“Awal-awal pemberangkatan dulu memang ada semacam kejadian, ada satu jemaah sempat tidak memenuhi syarat, karena masalah kesehatan. Tiga hari kemudian masuk digabung kloter Pati, setelah sampai sana, langsung gabung dengan rombongan Kudus,” ungkapnya.

Baca Juga: Ponpes Habib Bidin Sembelih Belasan Hewan Kurban

Untuk itu, pihaknya menghimbau untuk selalu menjaga kesehatan. Mengutamakan rukun wajib yang harus dilakukan, jangan sampai rukun sunnah mengorbankan kesehatan bagi jemaah. Selalu mentaati himbauan dari pembimbing haji, agar bisa selamat hingga pulang jadi jemaah haji yang mabrur.

“Sementara untuk himbauan saat menjalankan kurban, untuk tetap kondusif agar bisa mencapai khidmah,” jelasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER