31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Satu Jama’ah Haji Jepara Meninggal di Tanah Suci

BETANEWS.ID, JEPARA – Akhsan Muhyiddin, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara mengatakan terdapat satu Jama’ah haji asal Jepara yang dilaporkan meninggal dunia.

Ia menjelaskan, Jama’ah haji tersebut bernama Sutriman, warga RT 06 RW 02 Desa Gidangelo, Kecamatan Welahan. Jemaah haji berusia 71 tahun tersebut masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 72. Sutriman meninggal dunia usai tawaf atau mengelilingi Ka’bah tujuh kali.

Baca Juga: Pemkab Jepara Siapkan Tiga RPH, Ini Lokasinya

-Advertisement-

“Semua jemaah sudah selesai melakukan wukuf semuanya sehat. Kecuali ada satu yang meninggal dunia,” katanya, pada Selasa (18/6/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sutriman meninggal dunia pada Sabtu (15/6/2024) lalu pukul 19.25 waktu Arab Saudi. Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui informasi secara pasti terkait wafatnya jemaah haji tersebut.

“Saya belum menerima informasi yang jelas. Tapi informasinya yang kami terima, meninggal setelah habis Isya ketika proses menuju ke Muzdalifah,” ungkapnya.

Dari informasi yang ia terima, Sutriman meninggal dunia secara mendadak. Berdasarkan catatan dari pendamping haji, Sutriman memiliki riwayat penyakit diabetes miletus. Selain itu, ketika menjalani prosesi ibadah haji, Sutriman diketahui merasakan sesak napas.

Jenazah Sutriman, menurutnya kini sudah diurus oleh panitia haji asal Indonesia dan biaya pemakamannya ditanggung oleh pemerintah. Jenazah Sutriman dikabarkan juga sudah dimakamkan di makam umum di Makah, Arab Saudi.

Baca Juga: Disdukcapil Kebut Perekaman KTP 12 Ribu Warga Jepara Jelang Pilkada

Pihak keluarga di kampung halaman pun sudah diberikan informasi mengenai hal tersebut. Mereka sudah mengikhlaskan jenazah Sutriman dimakamkan di Tanah Suci Makah.

“Jadi sudah wukuf. Jadi ini sudah haji statusnya. Semoga almarhum Khusnul khotimah,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER