31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Masuki Era AI, Masan Minta Infrastruktur Digital Masuk RPJPD 2025-2045

BETANEWS.ID, KUDUS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus H. Masan meminta pembangunan infrastruktur digital masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045. Menurutnya, infrastruktur ke depan bukan hanya yang kelihatan saja, tetapi juga berkaitan dengan teknologi informasi.

“Di era yang semakin canggih ini, prinsip perencanaan itu harus menyesuaikan. Apalagi sekarang juga sudah ada teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI),” ujar Masan usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kudus, Senin (10/6/2024).

Masan menekankan, selang waktu 20 tahun itu harusnya jadi pertimbangan pemerintah kabupaten (Pemkab) Kudus untuk betul-betul melihat perkembangan tekonologi informasi.

-Advertisement-

Baca juga: Ubah Mental Birokrasi Priayi Jadi Melayani, DPRD Kudus Luncurkan Ladeni Rakyat

“Infrastruktur teknologi informasi ini harus direncanakan dan dipersiapkan secara matang. Serta, harus sudah mulai dituangkan dalam RPJPD,” bebernya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menambahkan, ketika infrastruktur digital ada, maka akan bermunculan entrepreneur-entrepreneur muda yang mampu menjadikan Kudus lebih maju.

“Sumber Daya Masyarakat (SDM) saya kira mampu, ya. Yang penting kita mau berpikir secara bersama-sama. Tidak mungkin persoalan pembangunan jangka panjang ini dipikir hanya satu orang. Perlu kolaborasi semuanya yang berkompeten sesuai bidangnya,” tegas Masan.

Dalam rangka membangun Kudus, Masan pun mengimbau untuk duduk bersama dan bupati bisa memfasilitasi.

“Misal soal pendidikan. Ketika pendidikannya maju, akan banyak siswa dari lain daerah yang sekolah di Kudus. Hal itu akan berdampak pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pariwisata, pertumbuhan ekonomi, yang kemudian berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: 6 Ranperda Prakarasa Bapemperda Disetujui Jadi Ranperda Prakarsa DPRD Kudus

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, menambahkan, RPJPD tentu akan dibahas bersama, baik di eksekutif maupun legislatif sesuai draf yang ditetapkan. Ia berharap nanti terjadi diskusi yang konstruktif agar menjadi jejak langkah pembangunan dalam 20 tahun ke depan.

“Untuk prioritasnya, tentu pengembangan SDM, peningkatan ekonomi, penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan bencana, stunting, dan lainnya. Pokoknya masih banyak persoalan-persoalan yang harus diselesaikan,” bebernya. (adv)

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER