31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Masih Ada 6.432 Anak Tidak Sekolah, Pemkab Jepara Minta Kades Temukan Anak Itu

BETANEWS.ID, JEPARA – Berdasarkan hasil validasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, saat ini masih terdapat 6.432 Anak Tidak Sekolah (ATS).

Masih banyaknya ATS ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara meminta kepala desa/lurah dan camat se-Kabupaten Jepara untuk ikut menyisir keberadaan 6.432 ATS tersebut.

“Untuk para camat, koordinir pengembalian ATS ke sekolah, baik dengan penganggaran APBDes maupun dukungan organisasi nonpemerintah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara, Edy Sudjatmiko dalam rapat koordinasi penanganan ATS di Ruang Rapat R.M.P. Sosrokartono Setda Jepara, Senin (24/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: 67 Anak Tidak Sekolah di Jepara Berhasil Dibujuk Kembali Tempuh Pendidikan

Menurutnya, data hasil penyisiran oleh para Kepala Desa/Lurah nantinya dapat dimasukkan melalui aplikasi SIPBM (Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat) ATS. Kemudian camat diminta untuk membantu pengembalian anak tersebut ke sekolah formal atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

“Konfirmasi pengembaliannya ke sekolah formal atau PKBM nanti bisa dikoordinir oleh camat setempat,” pesannya.

Edy mengatakan, keberhasilan mengembalikan 647 ATS ke bangku pendidikan pada 2022 serta 510 ATS pada 2023 bisa menjadi motivasi bagi Kepala Desa/Lurah dan camat untuk bergerak cepat menyisir keberadaan ATS.

Baca juga: Libur Sekolah Tiba, Disparbud Jepara Ajak Tiktokers Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisata

Ia mengatakan, 6.432 ATS di Jepara merupakan data baru. Sebab sebelumnya, pada 8 Mei 2024 berdasarkan data dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) di Kabupaten Jepara terdapat 9.263 ATS.

“Tapi setelah dilakukan Verifikasi Lapangan oleh Disdukcapil dengan menggunakan NIK, hanya ada 6.432 ATS dengan rentang usia 7-18 tahun,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER