31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSJEPARA67 Anak Tidak...

67 Anak Tidak Sekolah di Jepara Berhasil Dibujuk Kembali Tempuh Pendidikan

BETANEWS.ID, JEPARA – Sebanyak 67 dari 131 anak tidak sekolah (ATS) berhasil dibujuk untuk kembali tempuh penddikan. Mereka berasal dari empat desa percontohan, yaitu Desa Tubanan, Tegalsambi, Nalumsari, dan Tulakan. Dibandingkan rerata nasional, jumlah pengembalian anak ke sekolah itu jauh lebih tinggi.

Penjabat Bupati (PJ) Jepara yang diwakili Asisten I Sekda Dwi Riyanto mengatakan, program Penanganan Anak Tidak Sekolah (PATS) wajib mendapatkan perhatian lebih serius dari semua pihak.

“Anak-anak yang putus sekolah maupun yang tak sekolah ini bisa tertangani dengan baik, ini komitmen kita semua,” ujarnya pada rapat penyampaian hasil advokasi program PATS, di ruang Command Center kantor bupati, Rabu (15/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Antusias Tinggi, 276 Atlet Sudah Daftar Kejuaraan Renang Tingkat Jateng di Jepara

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Jepara Subiyanto menambahkan, Desa Tubanan dari 53 anak yang sebelumnya tercatat tidak sekolah, kini 25 di antaranya telah dikembalikan ke bangku pendidikan. Kemudian Desa Nalumsari dari 41 ATS kini tinggal 25 anak, dan Tulakan dari 19 ATS tersisa 11 anak. Sedangkan, dari 18 ATS di Tegalsambi seluruhnya berhasil dituntaskan kembali bersekolah.

“Yang sudah berhasil kita kembalikan ke sekolah itu dari 131 baru 67, jadi separuh,” tuturnya.

Dijelaskannya, ada dua program pendampingan yang dilakukan untuk menyuklseskan program tersebut. Pertama Gerakan Yuk Sekolah Maneh, dan kedua Gerakan Remaja Hebat.

Baca juga: Antusias Tinggi, 276 Atlet Sudah Daftar Kejuaraan Renang Tingkat Jateng di Jepara

Menurutnya, capaian Jepara dalam pengembalian anak ke sekolah itu, lantas mendapatkan apresiasi dari perwakilan UNICEF Yuanita Marini Nagel yang turut hadir pada rapat tersebut. Prestasi ini juga buah dari respons cepat Pemkab Jepara untuk penanganan anak tidak sekolah.

“Pengembalian anak-anak ke sekolah itu termasuk yang lebih tinggi dari apa yang biasanya terjadi secara nasional,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler