31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Lihat Sendiri Mobil Damkar Tak Layak, Masan Sayangkan Pemkab Tak Segera Beli Baru

BETANEWS.ID, KUDUS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, Masan menyoroti betul program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus yang belum jalan meski sudah memasuki pertengahan tahun 2024. Tak hanya pekerjaan fisik saja, Masan juga menyayangkan belanja lain yang tertunda, salah satunya pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Masan mengatakan, mobil damkar yang dimiliki Pemkab Kudus bisa dikatakan sudah tak layak. Ia melihat sendiri kondisi mobil damkar tersebut saat memadamkan api di Pasar Barang Bekas (Babe) Kudus.

“Ketika kebakaran di Pasar Barang Bekas, dia (Pj Bupati Kudus) ada di lokasi, dan melihat mobil damkar tangkinya sudah pada bocor dan jalannya meyek-meyek,” ujar Masan di Gedung DPRD Kudus, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Masan Tegaskan Temuan BPK Harusnya Tak Hambat Serapan APBD Kudus 2024

Dengan kondisi mobil pemadam yang seperti itu, kata Masan, ketika sampai lokasi kebakaran, air yang diangkut kemungkinan hanya tersisa separuhnya saja. Saat disemprotkan untuk memadamkan kebakaran tentu tidak akan maksimal.

“Bagaimana pemadaman api akan maksimal, apabila mobil damkarnya tak memenuhi syarat?” tanya politikus PDI Perjuangan tersebut.

Masan mengungkapkan, bahwa pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 ada alokasi pembelian dua unit mobil pemadam kebakaran. Menurutnya, satu unit di Satpol PP dan satunya lagi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Kudus.

“Mohonlah itu dua-duanya segera dibeli. Biar, ketika terjadi musibah kebakaran bisa segera diatasi dengan cepat,” bebernya.

Baca juga: Warga Keluhkan Jalan Rusak, Masan: ‘Anggaran Ada tapi Tak Segera Dibangun’

Masan pun mengimbau agar pekerjaan APBD 2024 untuk segera dilaksanakan karena ini sudah Juni. Mengingat, pekerjaan Pemkab Kudus yang bersumber dari APBD belum ada yang jalan.

“Kalau tidak segera dilaksanakan, lalu kapan pekerjaan akan dimulai? Apa harus menunggu akhir tahun,” ucap Masan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER