31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Empat Bacalon Bupati Jepara Ikuti Tes di DPD PDIP Jateng

BETANEWS.ID, JEPARA – Empat Bakal Calon Bupati (Bacalon) Bupati Jepara mengikuti fit and proper test di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Jepara, Andang Wahyu Triyanto, mengatakan, empat nama Bacabup tersebut yaitu Dian Kristiandi, Mochamad Iqbal Tosin, Farisal Adib, dan Witiarso Utomo.

“Kemarin (27/6/2024) ada empat nama yang ikut fit and proper test di DPD PDI Perjuangan,” katanya, Jumat (28/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: 7 Parpol Diisukan Usung Witiarso di Pilkada Jepara, Siapa Bisa Lawan?

Sedangkan untuk saat ini, bacalon yang ikut merupakan kader internal dan dari profesional. Sedangkan untuk pendaftar dari partai politik (parpol) lain masih menunggu koordinasi.

Total terdapat delapan bacabup yang mendaftar di penjaringan DPC PDIP Jepara. Mereka yaitu Anas Arba’in, Farisal Adib, Nuruddin Amin, Dian Kristiandi, Supriyanto, Witiarso Utomo, Mukhlisin, dan Akhlis Junaidi. Sedangkan bacabup yang mendaftar langsung di DPD PDIP Jateng yakni Jadug Tri Mulyo dan Iqbal Bejeu.

Sedangkan untuk bacawabup yang mendaftar yakni Edi Khumaidi Muhtar, Hindun Anisah, Moh Khoeron Said, Ibnu Hajar, dan Sholekan.

Ia menyampaikan, hasil dari fit and proper test di DPD nantinya akan dikirim kepada DPP PDIP sebagai bahan pertimbangan untuk mengeluarkan rekomendasi.

Baca juga: Sejumlah Tokoh dan Aktivis Kritisi Proses Rekrutmen Pilkada Jepara

Ia memastikan bahwa fit and proper test merupakan bukti bahwa mekanisme di internal PDIP masih berjalan sesuai dengan tradisi partai. Tujuannya untuk menyaring nama yang layak diberi rekomendasi oleh DPP.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa tahapan itu membuktikan bahwa sampai saat ini PDIP belum menentukan sikap kepada salah satu calon. Pasalnya, sikap dalam PDIP mengenai arah politik di Pilkada adalah rekomendasi. Artinya, sampai saat ini PDIP masih belum bersikap mengusung salah satu calon.

“Hasilnya nanti akan kami naikkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi. Soal rekomendasi, itu hak dan wewenang penuh DPP,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER