31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Dua ASN Jepara Terlibat Agenda Politik, DPRD Minta Pemkab Bertindak Tegas

BETANEWS.ID, JEPARA – Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) serentak pada Februari 2024 kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara menemukan dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara yang terlibat dalam kegiatan politik.

Nur Hidayat, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jepara mengaku menyayangkan adanya kejadian tersebut. Terlebih dua ASN itu saat ini masih menduduki sebagai pimpinan di lembaga perangkat daerah.

Baca Juga: Benda Diduga Cagar Budaya Kembali Ditemukan di Kawasan Candi Bubrah Jepara

-Advertisement-

Bentuk keterlibatan yang dilakukan oleh dua ASN tersebut yaitu berupa pengerahan massa, mobilisasi dukungan untuk memilih salah satu peserta pada Pileg dan Pemilu kemarin, serta penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk kegiatan politik.

“Salah satu oknum (ASN)-nya bahkan secara terang-terangan ikut mengkampanyekan salah satu calon di media sosial,” katanya pada Senin (3/6/2024) saat ditemui usai Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di DPRD Kabupaten Jepara.

Selain itu ia juga turut menyoroti salah satu ASN yang ikut terlibat dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang.

Sehingga ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bisa menindak tegas ASN yang terlibat dalam agenda politik. Baik sebagai peserta ataupun ikut mengkampanyekan salah satu calon. Ia juga berharap agar kejadian tersebut tidak kembali terulang pada Pilkada mendatang.

“Dari temuan kami pada Pileg kemarin itu ada dua ASN yang beliau itu sebagai puncak pimpinan di lembaga perangkat daerah dan harapannya jangan sampai terulang lagi lah pada Pilkada nanti,” katanya.

Baca Juga: Produk Furnitur Jepara Ternyata Terjual Hampir ke-100 Negara

Menanggapi hal tersebut Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan akan mengecek terlebih dahulu apakah terdapat ASN di lingkungan Pemkab Jepara yang memang terlibat dalam kegiatan politik.

“Kami akan cek betul apakah ada ASN yang memang terlibat (dalam kegiatan politik), kalau memang terbukti maka nanti akan kita tindak sesuai dengan aturan,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER