31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Ditanya Soal Kades Deklarasi Dukung Bacalon, Pj Bupati Pati: ‘Yo Komentari Njenengan Dewe Ah’

BETANEWS.ID, PATI – Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro irit bicara ketika ditanya terkait dengan ratusan kepala desa yang melakukan deklarasi mendukung Bakal Calon Bupati Pati dan Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah pada Kamis (20/6/2024).

“Yo komentari njenengan dewe ah, wong njenengan seng mudeng kok,” kata Henggar yang buru-buru menuju mobil dinasnya.

Baca Juga: Bawaslu Pati Segera Tetapkan Status Terkait Ratusan Kades Deklarasi Dukung Bakal Calon

-Advertisement-

Sebelumnya, Henggar masih terlihat nyaman ketika diwawancara terkait kehadirannya di Mapolresta Pati pada Rabu (26/6/2024). Ia pun menjelaskan, bahwa kedatangannya untuk menghadiri bhakti sosial yang digelar Polresta Pati dalam rangka peringatan HUT ke-78 Bhayangkara.

Namun, ketika dimintai komentar terkait kepala desa deklarasi mendukung bakal calon bupati dan gubernur, ia memilih menghindar.

Sebelumnya, ketika betanews.id berupaya menghubungi Pj Bupati Pati untuk meminta konfirmasi terkait yang dilakukan ratusan kades di Pati tersebut, Henggar juga bungkam.

Perlu diketahui, deklrasi yang dilakukan ratusan kades di Pati mendukung bakal calon ramai menjadi perbincangan publik. Sebab, hal itu dinilai telah melanggar aturan.

Terkait hal ini, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pati juga telah melakukan penelusuran dan akan segera menetapkan status, apakah nantinya bisa diregister menjadi temuan atau tidak.

Bawaslu Kabupaten Pati juga telah meminta keterangan kepada kepala dinas hingga kepala desa (kades).

Ada tiga pihak yang dimintai keterangan. Di antaranya adalah Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati Tri Hariyama, Ketua Paguyuban Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten (Pasopati) Pandoyo, dan Kades Semampir Parmono selaku pemimpin deklarasi tersebut.

“Kami masih melakukan penelusuran. Kami meminta keterangan kepada Pak Pandoyo, selaku Ketua Pasopati, pak Parmono Kepala Desa Semampir selaku yang memandu deklarasi tersebut, lalu yang ketiga kami meminta keterangan kepada Pak Tri Haryama, Kepala Dispermades,” ujar Ketua Bawaslu Pati Supriyanto.

Baca Juga: Ketua Pasopati hingga Kepala Dispermades Diperiksa Bawaslu Pati

Tak hanya tiga pihak tersebut, Bawaslu Pati kembali meminta keterangan sejumlah kades yang terlibat dalam deklarasi yang digelar di New Merdeka Kamis (20/6/2024) itu. Bahkan, Bawaslu Pati juga terjun langsung mendatangi pihak-pihak terkait tersebut.

“Dari tiga pihak yang kami minta keterangan, berkembang beberapa kades yang harus kami minta keterangan lanjutan. Hari ini (25/6/2024) kita bagi tim. Ada yang ke Karangrowo, Jakenan, Tambahharjo, Pati, Kades Angkatan Lor, Tambakromo. Kemudian saya sendiri melakukan penelusuran ke Kepala Desa Regaloh dan Kepala Desa Purwosari, Tlogowungu,” ungkapnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER