31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Atasi Kemacetan di Perbatasan Demak, Satlantas Polres Kudus Berlakukan Contraflow

BETANEWS.ID, KUDUS – Satlantas Polres Kudus memberlakukan sistem contraflow untuk mengurai kemacetan di perbatasan Kudus arah Demak, atau di sekitar Jembatan Tanggulangin, Selasa (4/6/2024).

Untuk diketahui, kemacetan panjang terjadi adanya perbaikan jalan di Karanganyar Demak.

Baca Juga: Museum Patiayam Tahun Ini Ajukan Proses Regnas Cagar Budaya, Apa Itu?

-Advertisement-

Kanit Turjawali Satlantas Polres Kudus, Harinto Mulyo mengatakan, pihaknya memberlakukan sistem contraflow atau rekayasa arus lalulintas dengan selektif. Artinya jika memang terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan sampai memanjang akan diberlakukan contraflow. Sebaliknya jika tidak terjadi kepadatan sistem contraflow tidak diberlakukan.

“Upaya dari Satlantas, kita laksanakan contraflow atau rekayasa lalulintas dari arah lingkar atau dari arah kota kita contraflow jalur kanan lewat depan SPBU matahari. Alhamdulillah siang ini setelah dilaksanakan giat rekayasa arus lalu lintas, mulai berangsur-angsur lancar dan tidak ada antrian yang memanjang,” bebernya, Selasa (4/6/2024).

Puncak kemacetan di sekitar jembatan Tanggulangin terjadi pada pagi pukul 6.00-9.00 WIB dan sore pukul 16.00-21.00 WIB.

“Untuk puncak kepadatan, terjadi pagi dan sore hari, di jam sibuk mulai masyarakat beraktivitas berangkat kerja dan pulang kerja. Sehingga untuk mengantisipasi kepadatan di seputaran Tanggulangin, mulai pagi hingga sore kita siapkan anggota dari personel Satlantas Polres Kudus,” ungkapnya.

Penyiapan personel tersebut dilakukan guna melihat kondisi arus lalulintas saat terjadinya kemacetan.

“Kepadatan untuk sementara kira-kira sekitar 200-300 meter. Dari upaya kita, mulai dari 1 kilometer sudah memendek sampai 300 meter usai kita kita lakukan rekayasa arus lalu lintas melalui contraflow,” tuturnya.

Baca Juga: Persiku Promosi Liga 2, Cabup Masan Janjikan Stadion Bertaraf Internasional

Pihaknya menghimbau kepada pengguna jalan untuk tetap selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalulintas. Karena keselamatan di jalan paling utama dalam berkendara.

“Kami himbau kepada pengguna jalan, mengingat pada saat ini terjadi kepadatan di seputaran Tanggulangin untuk pengguna jalan selalu berhati-hati, patuhi rambu-rambu lalulintas dan utama tetap bersabar, karena keluarga anda menunggu di rumah,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER