31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

UMK Jepara Digugat Apindo Jateng, Ratusan Buruh Minta Pemkab Tolak Gugatan 

BETANEWS.ID, JEPARA – Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah menggugat kenaikan Upah Minimun Kabupaten (UMK) Jepara pada tahun 2024. Gugatan tersebut sudah didaftarkan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang dengan nomor perkara 10/G/2024/PTUN.SMG.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Indonesia Perjuangan (FSPIP) dan Federasi Serikat Buruh (FSB) Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit, dan Sentra Industri (Garteks) melakukan demo untuk menolak gugatan tersebut di depan Kantor Bupati Jepara.

Baca Juga: May Day, Buruh Jepara Demo Tuntut Pencabutan UU Ciptaker

Totok Susilo, Ketua DPC FSB Garteks menilai gugatan Apindo tersebut kurang pas dan terlalu dipaksakan. Sebab pemerintah, dalam hal ini bupati dan gubernur dalam memutuskan kenaikan UMK menurutnya sudah memiliki pertimbangan yang matang.

“Saya yakin pemerintah dalam hal ini bupati atau gubernur memutuskan hal tersebut tidak semena-mena atau asal-asalan, pasti da kajian atau pemikiran khusus. Itu yang menurut kami kurang, kalau misalnya dipaksakan,” katanya saat ditemui usai melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Rabu (1/5/2024).

Menanggapi adanya gugatan tersebut, Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan bahwa nantinya dari pihak Pemkab Jepara akan melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada pihak Apindo.

Bagaimana keputusan langkah apa nantinya yang akan diambil oleh Pemkab, ia sendiri masih menunggu hasil dari komunikasi tersebut.

“Kita nanti tunggu saja, saya sudah perintahkan Pak Sekda dan asisten untuk komunikasi dengan Apindo, nanti kita lihat hasilnya,” katanya.

Sedangkan terkait keputusan kenaikan UMK yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah pada Desember 2023 lalu, menurutnya keputusan tersebut saat ini sudah dijalankan oleh perusahaan yang ada di Jepara. 

Baca Juga: Wakili Jepara di Tingkat Provinsi, Pemenang Lomba Desa Diharapkan Pertahankan Prestasi

-Advertisement-

“Ya namanya tuntutan itu hak. Pak Gubernur juga sudah mengeluarkan SK Kenaikan UMK, itupun sudah dijalankan dan tidak ada masalah. Nanti kita lihat perkembangannya lah ya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah resmi menetapkan UMK Kabupaten Jepara tahun 2024 sebesar Rp2.450.915. Upah tersebut mengalami kenaikan sebesar 7,8 persen dibanding UMK tahun 2023, sebesar Rp2.272.626.

Editor: Haikal Rosyada

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER