31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

PT Djarum Jadi Pilot Project Layanan KB di Tempat Kerja

BETANEWS.ID, KUDUS – PT Djarum Kudus dijadikan tempat Pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak di tempat kerja oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Seremonial pembukaan dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah di Djarum Factory Oasis, Rabu (15/5/2024).

Ida Fauziah menyampaikan, Pemilihan PT Djarum sebagai salah satu tempat pelayanan KB serentak di tempat kerja, karena mayoritas pekerja pabrik rokok tersebut adalah perempuan.

“Jadi, kami sengaja memilih PT Djarum Kudus. Sebab, selain peserta KB itu kan kebanyakan perempuan, PT Djarum juga punya pelayanan fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: Bangun 35 Rumah Warga Miskin, Wujud PT Djarum Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem di Jateng

Dia menyampaikan, Pelayanan KB ini baru pertama kali dilakukan. Sementara sasarannya adalah pasangan usia subur dengan jenis layanan KB ulangan, serta ganti cara pelayanan KB baru, termasuk KB paska-persalinan.

“Selanjutnya, pencatatan dan pelaporan hasil pelayanan ini dilakukan sistematis melalui Sistem Informasi Keluarga (Siga) BKKBN hingga 19 Mei 2024,” bebernya.

Deputi Kesehatan dan Reproduksi BKKBN, Wahidin, menambahkan, ada 24 perusahaan di berbagai provinsi jadi pilot project layanan KB serentak di tempat kerja. Di Provinsi Jawa Tengah adalah PT Djarum Kudus.

Dia mengungkapkan, semua perusahaan bisa jadi tempat layanan KB asal memiliki fasilitas kesehatan dan mendaftar, serta terigistrasi, sehingga pihaknya bisa mendistribusikan alat kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Djarum Foundation Hijaukan 567 Hektare Bukit Patiyam Hanya dalam 4 Tahun 

“Jika perusahaan belum punya layanan fasilitas kesehatan, tapi sepanjang mereka punya list dan mau dilaksanakan layanan KB serentak, bisa mengajukan ke BKKBN. Kita yang akan jemput bola untuk memberikan layanan KB serentak di tempat kerja,” ujarnya.

-Advertisement-

Direksi Produksi PT Djarum, Wibowo Saputro, sangat berterima kasih karena PT Djarum Kudus dijadikan pilot project perwakilan perusahaan di Provinsi Jawa Tengah untuk layanan KB serentak di tempat kerja. Jumlah pekerja PT Djarum Kudus sendiri kurang lebih ada 50 ribu orang.

“Dari jumlah tersebut, mayoritas pekerja PT Djarum adalah perempuan. Jadi kami sangat antusias ketika PT Djarum Kudus dijadikan pilot project layanan KB serentak di tempat kerja,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER