31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

KPU Tetapkan Anggota DPRD Kudus Terpilih, 80 Persen Wajah Lama

BETANEWS.ID, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus secara resmi menetapkan perolehan kursi dan anggota DPRD Kudus terpilih periode 2024-2029 di Hotel Gripta, Selasa (28/5/2024). Menurut Ketua KPU Kudus, Ahmad Amir Faisol, wajah-wajah lama masih mendominasi anggota DPRD Kudus.

“Ini kami menggelar rapat pleno, jika dilihat secara umum, 80 persen caleg terpilih merupakan wajah lama, 20 persen sisanya wajah baru. Artinya, mereka tidak perlu belajar dari awal, tinggal gas saja,” bebernya.

Faisol menjelaskan, Partai yang mendapat jumlah kursi paling banyak dalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sementara itu, partai lainnya ada yang mengalami peningkatan kursi, stabil, hingga ada juga yang mengalami penurunan.

-Advertisement-

Baca juga: Visi Misi Imam Baikuni di Pilkada Kudus, Ingin Cetak Minimal 3 Sarjana Tiap Desa

“Dalam Pileg 2024 ini, pemenang masih sama seperti yang dulu (PDIP). Lalu ada yang naik, ada juga yang turun kayak Partai Gerindra perolahan kursinya naik, Golkar turun, dan PKS kursinya tetap,” ujarnya.

Ia menyebut, usai kegiatan rapat pleno, berkas penetapan akan dikirimkan ke KPU RI. Selanjutnya, sebagai rekomendasi dilakukan pelantikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

“Rencana jadwal pelantikan, masih mengacu pada peraturan lama. Karena sementara belum ada aturan terbaru yang terbit mengenai pelantikan. Maka akhir masa jabatan anggota DPRD Kudus, masih tetap yaitu pada 21 Agustus 2024,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, berharap anggota dewan yang terpilih mampu menjalankan tugas dan mandat yang diberikan oleh rakyat.

“Siapapun anggota DPRD Kudus terpilih lima tahun ke depan, semoga mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya, menjalankan mandat yang diberikan oleh rakyat dan konstituen kemarin memilih mereka. Sehingga, nanti akan menghasilkan kebijakan, produk, peraturan yang membawa kemaslahatan untuk masyarakat Kudus,” terangnya.

Baca juga: Diisukan Punya KTA Gerindra, Hartopo: ‘Belum Diberikan ke Saya’

Meski secara tegas belum mengetahui nama-nama yang nantinya akan dilantik sebagai DPRD, namun dia menyadari bahwa yang terpilih merupakan wajah lama, yang sebelumnya menjabat anggota legislatif Kabupaten Kudus tersebut.

“Harapannya, selama ini yang sudah berjalan dengan baik, koordinasi kolaborasi, maupun dalam bentuk musyawarah bisa kita teruskan, dengan anggota dewan yang baru. Termasuk dalam hal penyusunan program dan perumusan anggaran menjadi lebih baik. Tentunya akan bersinergi dan berjalan semakin erat,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER