31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Konservator Akui Konservasi Bungkus Rokok Sulit Dilakukan

BETANEWS.ID, KUDUS – Konservator Museum Monumen Pers Nasional, Reza Anandiraka mengaku, dalam melakukan konservasi koleksi bungkus rokok memang sulit dilakukan. Hal itu berbeda dengan koleksi yang ada di tempatnay bekerja yang bentuk koleksinya berupa lembaran.

“Lebih sulit yang bungkus rokok, karena, kan, bentuknya bukan lembaran atau kertas buku, yang tinggal ngolesi saja. Kalau bungkus rokok kan ada bentuk lipatan itu yang bikin susah. Tapi itu bisa dibersihkan, kita coba lakukan dan rawat,” ungkapnya saat ditemui, Senin (20/5/2024).

Konservasi koleksi Museum Kretek Kudus oleh Museum Monumen Pers Nasional. Foto: Kaerul Umam

Meski demikian, pihaknya masih mengupayakan bisa membersihkan koleksi dari noda ataupun jamur yang menempel, bahkan hasilnya bisa menyerupai dengan aslinya.

-Advertisement-

Baca juga: Konservasi Koleksi Bahan Kertas Museum Kretek Gunakan Metode Enkapsulasi, Apa Itu?

“Bungkus rokok yang ada lipatan berpotensi dan beresiko tersobek, kita kuatkan dengan tisu Jepang. Penanganan hampir sama, tapi memang kondisinya yang lama rawan kerusakan, sehingga kita usahakan memperpanjang usia kertas,” imbuhnya.

Staf Museum Kretek, Novi Noor Hayati, menambahkan, kesulitan serupa juga terjadi pada pada bungkus rokok klobot yang ada kayunya. Sedangkan bahan kayu tak bisa dipadupadankan dengan bahan kertas. Mengenai ini, pihaknya tak membongkar kayudan hanya akan memperkokoh kertasnya supaya tidak semakin rusak.

“Karena kalau kayunya dibongkar dia akan makin rusak. Kertasnya, kan, sudah kayak kripik, biar tidak pada ngelupas, hanya diperkokoh saja bungkusnya,” jelas Novi.

Dalam konservasi ini, pihaknya merawat 40 koleksi yang kondisinya sangat memprihatinkan. Namun, dari 1.061 koleksi kertas yang dimiliki, 639 di antaranya membutuhkan perawatan secara khusus. Rinciannya, 40 koleksi kondisinya sangat memprihatinkan, 278 koleksi dengan kondisi sedang, 321 koleksi kondisi ringan, dan 422 koleksi dengan kondisi yang baik.

Baca juga: Koleksi Dokumen dan Bungkus Rokok Museum Kretek Dikonservasi

Menurutnya, konservasi ini penting untuk menjaga warisan berharga yang mencakup bungkus rokok, arsip, dokumen, dan foto. Tantangan khusus muncul dalam konservasi bungkus rokok karena lipatan dan bahan kayu di dalamnya, yang memerlukan teknik perawatan yang cermat dan hati-hati.

“Sebenarnya untuk Museum Kretek, kan, ada banyak koleksi selain berbahan kertas. Contohnya kita juga ada koleksi keramik (souvenir) dan koleksi yang berbahan besi, yang berada didisplay. Untuk koleksi bahan besi lebih ke pengendalian karat. Jadi kita lebih fokuskan kepada koleksi kertas yang rawan akan kerusakan,” ungkapnya. (adv)

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER