31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Jelang Pilkada, Pemkab Jepara Ingatkan ASN Agar Jaga Netralitas

BETANEWS.ID, JEPARA – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sudjatmiko, mengingatkan, para ASN juga dilarang melakukan segala aktivitas yang mengarah atau condong kepada kekuatan politik tertentu.

“Jangan berafiliasi, ikut rapat, hingga condong kepada kekuatan politik tertentu. Apalagi sampai membentuk tim sukses hingga melakukan ikrar, termasuk ikrar dukungan kepada salah satu bakal calon maupun partai politik,” katanya dalam rapat koordinasi kesiapan Pemkab Jepara menyambut Pilkada 2024 di Pendopo Kartini Jepara, Rabu (15/5/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Gerakan Organisasi Relawan Mulai Bermunculan Sambut Pilkada Jepara 2024

Peringatan tersebut ia sampaikan terkait aturan undang-undang serta pelayanan kepada masyarakat yang harus diberikan oleh ASN. Ia juga meminta agar tidak ada yang melakukan politisasi birokrasi.

“Kalau sampai dukung-mendukung, ASN akan terkotak sehingga melemahkan kinerja kepada masyarakat,” tambahnya.

Untuk menyukseskan Pilkada mendatang, dari Pemkab Jepara tidak hanya mengalokasikan dana hibah senilai Rp58 miliar, tetapi juga ada anggaran lain yang melekat di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Anggaran tersebut berada di Bakesbangpol senilai Rp300 juta, Satpol PP dan Damkar senilai Rp4,7 miliar, Bagian Pemerintahan Setda Jepara Rp200 juta, dan setiap kecamatan sebesar Rp20 juta.

Baca juga: Masih Jadi ASN, Staf Disdikpora Jepara Ini Deklarasi Nyalon Bupati

Sedangkan dana hibah dari APBD teralokasi untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rp46.38 miliar, Bawaslu Rp7,08 miliar, Polres Rp3,4 miliar, dan Kodim Rp1,4 miliar, sehingga total mencapai Rp58,3 miliar.

Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mengingatkan kepada para ASN untuk selalu menjaga netralitas. Ia berharap pada Pilkada mendatang partisipasi pemilih di Jepara berada di atas 90 persen.

“Netralitas itu memang harus dijunjung tinggi. Maka saya minta ASN  berkomitmen menjaga netralitas tersebut,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER