31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Dari Bisnis Sampingan jadi Sumber Rezeki Utama, Inilah Kisah Said Usaha Telur Asin

BETANEWS.ID, KUDUS – Tumpukan telur bebek terlihat di dalam rumah Abu Said (62), Jalan Kali Pintu, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Di dekat telur itu, tampak beberapa ember berisikan tanah liat merah dan campuran pasir batu bata.

Pagi itu, Said tampak sibuk melaburi telur bebek yang kemudian ditata dalam ember besar. Hal itu ia lakukan berulang sampai semua telur terbalur. Menurutnya, telur asin itu akan jadi sekitar seminggu sampai 10 hari.

“Usaha ini berawal pada 2015 saat iseng coba buat telur asin. Saat itu masih jadi karyawan salah satu pabrik di Kudus. Karena nggak ada kegiatan kalau habis pulang kerja, jadinya iseng buat telur asin. Kebetulan teman ada yang peternak bebek,” jelas Said, Jumat (03/05/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Kisah Arif Nekat Rintis Usaha Karena Bosan Kerja Ikut Orang Lain

Setelah berulang kali mencoba dan memastikan ketahanan telur asinnya, pada 2018 Said mulai percaya diri untuk memasarkan produknya.

Hingga saat ini, dirinya sudah memiliki beberapa warung langganan serta para pengusaha katering di Kudus. Dirinya juga mampu memproduksi hingga ribuan telur asin dalam sebulan.

Alhamdulillah sekarang banyak yang beli semoga bisa produksi terus, kadang sebulan bisa 7-15 ribu butir telur asin. Kalau pengiriman telur bebeknya lancar, produksi telur asinnya pasti juga banyak,” bebernya.

Baca juga: Cerita Sufaati, Rintis Usaha Bandeng Presto Kala Krisis Moneter 25 Tahun Silam

Kalau nama dua putri diambil karena anak saya dua-duanya perempuan jadinya dua putri. Dulunya belum ada merek tapi anak menyarankan dikasih merek soalnya kalau di warung-warung kan telur asin tidak cuma satu.

“Takutnya nanti kalau ada telur asin yang jelek dikasih ke kita padahal itu bukan produksi dari dua putri. Soalnya kita kasih garansi kalau produknya jelek bisa dikembalikan nanti kita ganti,” terang Said.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER