31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Wisata Nostalgia Jepara Tempo Dulu di Kompleks Bangunan Pendopo

BETANEWS.ID, JEPARA – Mendapat julukan sebagai Bumi Kartini, Kabupaten Jepara selain memiliki wisata yang menyimpan koleksi peninggalan Kartini berupa Museum Kartini, juga memiliki peninggalan sejarah berbentuk bangunan Pendopo Kabupaten.

Di tempat itulah, Kartini menghabiskan waktunya pada saat harus menjalani masa pingitan di usia remaja sebelum menikah dengan Bupati Rembang.

Baca Juga: Museum Jenang, Tempat Ngabuburit Asyik di Kota Kretek

-Advertisement-

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Purbakala, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Lia Supardianik menjelaskan bangunan Pendopo Kabupaten Jepara dibangun pada masa Pemerintahan Adipati Citrosomo III pada abad ke-18. Masa dimana Indonesia saat itu masih dikuasai oleh Pemerintah Belanda.

“Pada masa Adipati Citrosomo III beliau memindah pusat pemerintahan Kabupaten Jepara ke Kota Jepara, dan dibangunlah Pendopo Kabupaten dimana pada saat awal berdiri hingga sekarang fungsinya masih sama yaitu sebagai kantor pemerintahan sekaligus tempat tinggal bagi Adipati,” katanya.

Sedangkan untuk bangunan yang berada di samping kanan dan kiri Pendopo, menurutnya di bangun dalam jarak waktu yang berbeda dengan dibangunnya Pendopo.

Di sisi kiri pendopo, terdapat bangunan rumah bergaya kolonial yang berfungsi sebagai rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara. Namun, saat ini rumah tersebut dalam keadaan kosong atau tidak ditempati.

“Bangunan rumah yang saat ini menjadi rumah dinas Pak Sekda itu memiliki ciri khas kolonial yang pada waktu itu dibangun sebagai rumah dinas pejabat yang membantu tugas Adipati atau Bupati, tapi masa pembangunannya jauh setelah pendopo di dirikan,” jelasnya.

Sedangkan untuk di sisi kanan terdapat Gedung Sekretariat Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dulunya digunakan sebagai tempat beraktivitas oleh RMA. Ngasirah, ibu kandung RA. Kartini.

Baca Juga: Kolam Renang Kampung Kuto Tak Pakai Kaporit Lho, Airnya Pasti Lebih Sehat dan Segar

Sementara Gedung Setda Jepara yang didalamnya terdapat ruang kerja Bupati, menurut Lia dulunya merupakan rumah sakit. Bangunan tersebut juga memiliki usai yang lebih muda daripada Pendopo dan bangunan yang berada di sekelilingnya.

“Kalau Gedung Setda yang baru periode pembangunannya itu lebih muda lagi, karena menurut cerita dari para sesepuh Jepara Gedung Setda dulunya berdiri rumah sakit,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER